Sabtu, 7 Desember 2019
10 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Ziswaf / YBM PLN Gelar Pelatihan Penyembelihan Sesuai Syariat
Foto/dok.ybmpln
Sebanyak 105 orang juru sembelih perwakilan dari 60 DKM masjid/musala se-Jabodetabek dan Banten mengikuti pelatihan.

Sharianews.com, Jakarta ~ YBM PLN bekerja sama dengan Dakwah Sembelih Halal (DSH) menyelenggarakan Pelatihan Sembelih Halal.

Sebanyak 105 orang juru sembelih perwakilan dari 60 DKM masjid/musala se-Jabodetabek dan Banten mengikuti pelatihan yang diadakan di Gedung Serbaguna PLN Puslitbang, Jakarta. Selama satu hari, peserta mengikuti pelatihan yang diisi oleh instruktur DSH.

"Pagi peserta kita ajak ke lapangan untuk praktik langsung, setelah selesai kita ke dalam ruangan untuk belajar teori," ucap Adi, salah satu instruktur.

Juru sembelih dibekali pengetahuan fikih kurban, tata cara prapenyembelihan seperti pemilihan hewan qurban, praktik penjatuhan dan pemotongan hewan, pengelolaan hewan setelah sembelih serta pengenalan tali dan bilah yang baik digukanan saat sembelih.

Menurut Heru, GM PLN Pusertif, kegiatan pelatihan ini tidak hanya bermanfaat pada saat Iduladha, tapi juga untuk dipraktikkan dihari-hari selanjutnya. Acara dibuka oleh Heru dengan basmalah dan selawat, "Bismillahirrohmanirrohim, Allahumma sholli 'ala Muhammad".

"Tujuannya agar memberi khazanah keilmuan kepada umat, khususnya para takmir masjid maupun musala yang nanti akan melaksanakan potong kurban" terang Ryan, Manajer Pemberdayaan YBM PLN Pusat.

Pemahaman sembelih halal sangat penting dan mempraktikannya sesuai syariat wajib diterapkan oleh masyarakat.

Lendi, Ketua DSH menyebutkan, halalnya daging hewan kurban tergantung pemahaman syariat dan praktik halal dalam proses penyembelihannya.

Kegiatan pelatihan ini didanai sepenuhnya dari dana zakat karyawan PLN.

"Jazakumulloh khoiron kepada YBM PLN dan DSH atas kegiatan ini dan ilmu yg sudah disampaikan, semoga Allah Swt membalas kebaikan semuanya dan menjadikan sebagai amalan jariyah. Aamiin" ungkap Alex, perwakilan DKM Masjid Al Amin, Depok.

Di akhir kegiatan, masing-masing peserta mendapatkan piagam penghargaan dan sebilah pisau sembelih persembahan dari YBM PLN.

"Alhamdulillah, dipakai nanti buat motong kambing." ucap Genis, peserta asal Bojonggede. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo