Kamis, 17 Oktober 2019
18 Ṣafar 1441 H
Home / Ziswaf / YBM PLN dan BEM FEB Ekstensi UI Bantu Anak-Anak Kolong
Foto/dok.romy
Acara yang diadakan di Skyworld Taman Mini Indoneaia Indah ini mengangkat tema 'Ketika Aku Besar Nanti'.

Sharianews.com, Jakarta ~ YBM PLN bersama BEM FEB Ekstensi Universitas Indonesia mengadakan program Libur Berbagi bersama anak-anak binaan Sekolah Kolong Cikini dan Sakura Manggarai yang berjumlah 70 orang.

Acara yang diadakan di Skyworld Taman Mini Indoneaia Indah ini mengangkat tema 'Ketika Aku Besar Nanti'.

Program ini diisi dengan berbagai kegiatan pembelajaran interaktif seperti permainan yang mendidik, pembuatan pohon cita-cita dan pemutaran short video tentang profesi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan anak-anak.

Dengan program ini anak-anak diharapkan dapat memiliki motivasi dan cita-cita untuk menjadi salah satu profesi yang mereka inginkan.

Manajer Distribusi dan Pendayagunaan YBM PLN, Riki Bagus Santoso menyampaikan, pendidikan merupakan salah satu pilar program yang diinisiasi oleh YBM PLN.

"Tujuannya adalah bagaimana sekolah jalanan ini tau tentang profesi ke depan dan apa yang dilakukan oleh PLN, sehingga nantinya mereka akan tau apa sih cita-cita atau keinginan mereka," ucap Riki ketika berbincang dengan Sharianews, Ahad, (15/9).

Program ini juga diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk memiliki cita-cita yang tinggi dan meningkatkan semangat guna meraih cita-cita.

"Dengan begitu mereka akan semakin motivasi untuk memiliki mimpi dan cita-cita yang dapat membuat taraf hidup mereka menjadi lebih baik di masa depan," tutur Riki.

Perlu diketahui, Sekolah Kolong Cikini (Sekoci) adalah tempat bermain dan belajar bagi anak-anak yang tinggal di pelataran jembatan stasiun Cikini. Sedangkan sanggar kreativitas untuk remaja dan anak (Sakura) Manggarai merupakan sanggar belajar dan pembentukan karakter anak-anak tidak mampu di daerah manggarai.

Dalam program ini YBM PLN mengajak muzaki atau donaturnya yang merupakan pegawai PLN sebanyak 21 orang untuk menjadi pendamping bagi anak-anak yang menjadi peserta. Selain itu sebagian muzaki turut berbagi pengalaman kepada anak-anak tentang profesinya di PLN.

Aperta Putra, fasilitator dari Sakura Manggarai mengatakan anak-anak sangat antusias dengan program tersebut.

"Alhamdulillah adik-adik senang, kan beberapa orang juga kayaknya belum pernah ke sini jadi mereka sangat senang sekali melihat ada planet, astronot, dan tujuannya juga baik karena bisa menjadi pembelajaran," ujar Aperta.

Sementara dari Sekoci pun menuturkan hal serupa. Program tersebut sejalan dengan kurikulum Sekoci.

"Dalam istilah kurikulum, kita ini dinamakan berlayar atau kita belajar tapi di luar ruangan, harapannya semoga mereka bisa meraih cita-citanya dengan melihat apa yang mereka sudah lihat di sini, itu sih intinya," ucap Hesti mayesti, pengajar kurikulum sekolah Cikini.

Sedangkan ketua BEM FEB UI, Kemas Aldiandra menjelaskan kerja sama dengan YBM PLN merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan.

"Kita mengucapkan terima kasih atas kontribusinya kita dapat menyelenggarakan acara ini, smeoga acara ini dapat berjalan dengan lancar, dan ke depannya dapat bekerja sama lagi dengan YBM PLN dan yang terpenting semoga adik-adik mendapat pengetahuan baru," ucap Kemas. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo