Senin, 27 Mei 2019
23 Ramadan 1440 H
Home / Lifestyle / Wardah Siap Support dan Ekspansi ke Negara-negara Anggota OKI
FOTO | Dok. Romy,sharianws.com
Wardah kosmetik siap mensupport negara-negara OKI jika sudah mendapat partner  yang pas, dan siap ekspansi jika sudah ada permintaan.

Sharianews.com, Jakarta. Wardah siap melakukan ekspansi ke Negara-negara anggota Islamic Chamber of Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA), yang berafiliasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Demikian dikatakan oleh CEO Wardah Cosmetics, Dr.Nurhayati  M. Subakat saat menjadi pembicara dalam gelaran sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA) di Jakarta,  Selasa (23/10/2018).

"Kita siap untuk support negara OKI jika sudah mendapat partner  yang pas, dan pabrik kami siap ekspansi, jika ada permintaan," terang perempuan yang pernah masuk Forbes sebagai wanita yang mempunyai dampak besar di Asia.

Nurhayati menambahkan, untuk permintaan ekspor ke negara Eropa dirinya memang belum mempunyai pengalaman, ekspansinya baru ke negara Malaysia. "Kalau Malaysia tidak ada masalah, tapi untuk negara lain saya belum tahu regulasinya,"sambungnya.

Dalam pemaparannya, ia menyebutkan mengenai market produk global kosmetik yang pada tahun lalu saja bernilai USD 532,43 milyar dan diperkirakan akan bertambah mencapai nilai pasar USD 805,61 milyar di tahun 2023. Dengan nilai CAGR 7,14 persen, selama kurun waktu tahun 2018-2023.

Sementara, nilai total pertumbuhan produk kecantikan berdasarkan pasar utama tahun 2016 versus 2017, negata Indonesia berada di peringkat kedua, persis di bawah China dan di atas India. Sedangkan nilai total pasar kosmetik di ASEAN mencapai USD 14 milyar.

“Pasar Indonesia potensinya sangatlah besar di pasar ASEAN, yaitu sebesar USD  3.257 miliar atau kenaikannya sebesar 3.26 persen,”katanya.  

Berdasarkan data dari AC Nielsen, pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia mengalami kenaikan dari tahun ke tahun (year on year) cukup signifikan.

Contohnya  seperti pada tahun 2011, yang naik di 12 persen, kemudian 2012, naik 11.3 persen, 2013 naik 12.1 persen, dan tahun 2014, naik 4.8 persen. Sedangkan pada  2015 kenaikannya mencapai 10.0 persen, berlanjut 2016, naik hingga 9.3 persen.

Wardah kosmetik sukses

Menurut Nurhayati, produk kosmetik yang diperuntukan bagi para wanita muslimah ini memang sudah tak asing lagi di Indonesia. Dengan tagline “inspiring beauty” produk-produk Wardah kosmetik yang halal dan disesuaikan dengan kebutuhan wanita muslimah Indonesia dapat meraih kesuksesan yang gemilang di masa kini.

Wardah mencapai urutan pertama sebagai  Top Brand Cosmetics dengan value growth sebesar 40.1 persen dan value share 27.1 persen. Perusahaan yang berdiri  tahun 1995 ini, awalnya banyak mengalami jatuh bangun  dalam membangun dunia bisnisnya.

Sebagai contoh, wardah pernah tidak berkembang dengan pesat, justru saat strategi pemasarannya hanya memproyeksikan brandnya  secara eksklusif, hanya untuk melayani kaum muslim dan mengandalkan strategi  pemasaran secara multi level marketing (MLM) dalam menjangkau orang-orang di  pesantren ataupun sekolah Islam.

Namun strategi pemasaran kemudian diubah. Wardah kosmetik kemudian dikembangkan dengan membanguan citra perusahaan, dengan mulai mendorong lebih banyak kampanye inklusif yang menyertakan model  tanpa hijab yang dipublikasikan di seluruh iklan televisi  dan media cetak.

Sejak itu pasar wardah teerus berkembang, “Karan dengan pesan yang jelas, Wardah Halal-Kosmetik menjangkau semua, tidak hanya untuk muslim atau wanita berjilbab,” ujarnya. (*)

Reporter: Romy Syawaludin Editor: Ahmad Kholil