Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Ekbis / Wapres Paparkan Langkah Strategis Pemerintah Kembangkan Industri Produk Halal
Meningkatkan skala usaha ekonomi syariah melalui penguatan seluruh rantai nilai industri halal

Sharianews.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong dan memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi syariah termasuk keterlibatan dunia usaha.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, salah satu targetnya yaitu meningkatkan skala usaha ekonomi syariah melalui penguatan seluruh rantai nilai industri halal di Indonesia.

"Sejumlah program pengembangan industri produk halal telah mulai dilaksanakan dan akan terus diupayakan secara berkelanjutan," jelasnya menegaskan, dalam peluncuran Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE), Kamis (08/04).

Adapun langkah strategis yang sudah dilakukan untuk mengembangkan industri produk halal antara lain, pembangunan kawasan industri halal maupun zona-zona halal, kemudian sudah dilakukan pembenahan pencatatan perdagangan produk halal Indonesia.

Kemudian, pengembangan kodifikasi data industri halal, lalu pengembangan sistem serta proses sertifikasi produk halal dan ekspor yang mudah, efisien, dan efektif. Serta pengembangan substitusi produk impor dan material nonhalal termasuk mendorong keterlibatan lembaga riset yang mendukung pengembangan industri produk halal.

Prihal peluncuran Unilever MCOE yang dilakukan PT PT Unilever Indonesia Tbk, Wapres mengapresiasi hal tersebut.

Unilever MCOE, menurut Wapres, akan memberikan dampak positif bagi pengembangan produk halal, termasuk untuk pemenuhan pasar global di seluruh dunia. "Program ini sejalan dengan langkah-langkah strategis pemerintah dalam pengembangan industri produk halal," tandas dia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman