Minggu, 12 Juli 2020
22 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Wapres Nyatakan Terjun Langsung Pimpin Ekonomi Syariah
Salah satu upayanya dengan memperkuat dan memimpin langsung kelembagaan dan pengembangan ekonomi syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dirinya akan memimpin langsung upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air. 

Ia mengatakan, upaya itu salah satunya dengan memperkuat dan memimpin langsung kelembagaan dan pengembangan ekonomi syariah. Untuk itu akan diterbitkan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

"Hal-hal yang perlu diubah dalam Perpres tersebut antara lain, adalah perubahan dari lingkup keuangan syariah diperluas menjadi lingkup ekonomi syariah," ungkap Ma'ruf, dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (13/11).

Perubahan lainnya adalah struktur kelembagaan yang dipimpin langsung oleh presiden sebagai ketua dan wakil presiden sebagai ketua harian. Serta, beberapa perubahan lainnya.

Ma'ruf mengungkapkan, dengan penguatan ini diharapkan kelembagaan pengembangan ekonomi syariah dapat mempercepat, memperluas, dan memajukan ekonomi syariah guna memperkuat ketahanan ekonomi nasional. 

ISEF 2019 diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama KNKS yang berlangsung dari 12-17 November 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

ISEF kali ini merupakan penyelenggaraan yang keenam. Dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya penyelenggaraan ISEF 2019 cukup berbeda

Sebelumnya, ISEF selalu diselenggarakan di Surabaya, tapi untuk tahun ini dilaksanakan di Jakarta. Selain itu, sebelumnya ISEF hanya bertaraf nasional, kini ISEF bertaraf internasional. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo