Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / Keuangan / Wapres Jelaskan Merger Bank BUMN Syariah Penting Dilakukan
Foto dok. Setneg
Pemerintah serius ingin melebur atau merger bank syariah plat merah menjadi satu.

Sharianews.com, Jakarta - Pemerintah serius ingin melebur atau merger bank syariah plat merah menjadi satu. Penggabungan bank syariah BUMN tersebut, saat ini tengah disiapkan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan tujuan penggabungan ini adalah untuk memperkuat bank syariah. Dengan langkah ini diharapkan dapat cepat mendorong perekonomian di Tanah Air. Pemulihan ekonomi pun bisa lebih cepat.

“Menjadi bank besar supaya lebih bisa mengembangkan sayapnya, bisa melayani proyek besar atau kegiatan ekonomi yang lebih besar,” tambahnya, dalam bincang virutal, Kamis (6/8).

Selain itu, jika dilihat Indonesia saat ini belum mempunyai bank syariah yang masuk dalam daftar 20 bank syariah terbesar di dunia. Oleh karena itu, peleburan bank syariah ini dilakukan.

“Disamping itu juga, jangan terlalu banyak bank, tapi potensinya kecil-kecil. (Bank syariah) ini diharapkan diperbesar, bisa berperan penting di dalam negeri dan juga luar negeri,” ujar Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) ini,

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan berencana menyatukan bank syariah yang dimiliki BUMN, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, BTN Syariah, dan Mandiri Syariah pada Februari 2021.

“Ini (bank-bank syariah) jadi satu semua, kita coba merger, insyaallah Februari tahun depan jadi satu bank syariah," terangnya, Kamis (2/6) malam.

Menurutnya, mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, hal itu merupakan potensi yang sangat besar bagi bagi bank syariah.

Selain itu, Erick mengatakan keberadaan bank syariah memberikan opsi bagi masyarakat atau dunia usaha yang lebih nyaman menggunakan sistem syariah. "Kenapa saya menginginkan peleburan (bank) syariah? Supaya ada alternatif, supaya jangan sampai Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu," tambahnya.

Diharapkan dengan rencanan peleburan ini, membuat Indonesia memiliki satu bank syariah yang unggul dan menjadi pilihan dalam hal pendanaan. Kemudian, bisa membuat segmentasi dan membuat pasar jadi lebih sehat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman