Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Keuangan / Wapres Berharap Bank Riau Kepri Segera Konversi ke Syariah
Foto dok. Setneg
"Saya akan berkomunikasi dengan pihak OJK supaya dipercepat”

Sharianews.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Bank Riau Kepri segera konversi dari Bank Umum Konvensional menjadi Bank Umum Syariah (BUS).

“Saya berharap Bank Riau Kepri ini tidak lama lagi berkonversi menjadi BUS. Saya akan berkomunikasi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya dipercepat,” ujar Wapres, mengutip instagramnya, Jumat (23/03).

Ia menjelaskan telah menerima laporan Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari tentang potensi Bank Riau Kepri.

Kinerja Bank Riau Kepri tahun 2020 secara umum di atas rata-rata bank umum dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) lainnya. Sementara itu, kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Riau Kepri juga tumbuh lebih baik dari kinerja BRK secara konsolidasi dan di atas rata-rata pertumbuhan UUS secara nasional.

“Nilai aset Bank Riau Kepri yang sudah mencapai Rp30 triliun. Insyaallah kedepan sudah siap berkonversi menjadi Bank Umum Syariah,” tambah Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah ini.

Sementara untuk UUS yang telah beroperasi di Bank Riau Kepri berkembang 68,77 persen dibanding tahun sebelumnya. Labanya pun tumbuh mencapai 133 persen dari tahun sebelumnya.

Kedepan, setelah konvesi rampung, industri halal di Riau dan Kepir juga dapat berkembang. Riau sebagai salah satu provinsi dengan potensi industri terbesar di Indonesia memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pengembangan industri, baik keuangan syariah maupun kawasan industeri halal.

Sekarang ini sudah ada tiga kawasan industri halal, di Banten, Modern Cikande; di Sidoarjo ada Eco Industrial Park Safe n Lock, dan di Bintan, Kepri, sudah ada Bintan Inti.

Rep. Aldiansyah Nurrahman