Minggu, 17 Oktober 2021
11 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Ziswaf / Wapres: Ada Tiga Hal yang Harus Dibenahi Baznas
Foto dok. Setneg
Ada tiga hal yang perlu dibenahi Baznas untuk meningkatkan kepercayaan umat.

Sharianews.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan ada tiga hal yang perlu dibenahi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk meningkatkan kepercayaan umat.

Pertama, keberadaan basis data yang akurat agar data penerima bantuan tidak tumpang-tindih. Kedua, Baznas perlu mereplikasi praktik terbaik dalam pengumpulan zakat untuk menjangkau muzaki yang belum berzakat melalui lembaganya.

“Potensi zakat mencapai Rp327,6 triliun, namun jumlah yang terealisasi baru Rp71,4 triliun. Dari jumlah ini, Rp61,2 triliun tidak melalui Organisasi Pengumpul Zakat (OPZ) resmi. Hanya Rp10,2 triliun yang melalui OPZ resmi,” ujar Wapres, melansir dari akun instagramnya, Rabu (07/04).

Ketiga, ia menegaskan, Baznas perlu mengembangkan inovasi dan digitalisasi zakat untuk mempermudah muzaki dalam membayar zakat.

Lebih lanjut, ia menekankan, strategi dan inovasi pengumpulan zakat harus membuka ruang kepada organisasi pengelola zakat atau muzaki perorangan untuk menyalurkan kepada Baznas, dimana laporan penyaluran tersebut menjadi bagian dari penerima zakat nasional.

“Kerahkan sumber daya yang ada dan tingkatkan kualitas pengelolaan zakat bagi kesejahteraan umat, sehingga dapat berkontribusi mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia,” pungkasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman