Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Lifestyle / Wafat di Malam Nuzulul Qur’an, Ustaz Arifin Ilham Sempat Berwasiat
Dok/Foto Tempo.co
Sebelum meninggal dunia, pemilik pesantren Az Zikra ini ternyata sudah mempersipkan kematiannya.

Sharianews.com, Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia tepat malam ke 17 ramadan (Nuzulul Qur’an), Rabu (22/5/19). Guru umat yang dimiliki Indonesia, Ustaz Arifin Ilham berpulang ke rahmatullah setelah mengalami sakit kanker kelenjar getah bening sejak beberapa bulan lalu.

Dikabarkan oleh Ustaz Khotib Kholil, bahwa Ustaz Arifin Ilham meninggal pada pukul 23.20 waktu Penang, Malaysia. Jenazah akan dibawa pulang ke Indonesia siang ini menggunakan pesawat pribadi dan akan dimakamkan di pesantren Az Zikra, Bogor.

Sebelum meninggal dunia, pemilik pesantren Az Zikra ini ternyata sudah mempersipkan kematiannya. Seperti tempat pemakaman, kain kafan, bahkan surat wasiat.

Surat wasiat tersebut juga disampaikan oleh Ustaz Arifin berupa sebuah video yang diunggah di sosial media. Saat itu, dirinya baru saja menjalani kemotrapi di tengah kondisi fisik yang masih lemah.

Dalam ungkapan wasiat tersebut di awal ia menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan dan tidak diizinkan pula oleh dokter untuk terlalu banyak bergerak dan berbicara.

Tidak sampai di situ, almarhum pun mengatakan jika dirinya meninggal, ingin disalatkan dan dimakamkan di mana. Bahkan sang ustaz juga telah menyiapkan kain kafannya sendiri.

"InsyaAllah kalau lebih dahulu menghadap Allah, pertama salat di Masjid Az Zikra Sentul dan kemudian salat kedua di Masjid Gunung Sindur. Kuburan di samping Masjid Gunung Sindur yang telah Arifin siapkan dengan kain kafannya,” pesan Ustaz beberapa waktu lalu sebelum meninggal.

Selain itu, Ustaz Arifin juga menyampaikan pesannya bahwa kehidupan dunia hanyalah sebentar dan setiap manusia akan kembali menuju 'liqoouhu' perjumpaan dengan Allah.

“Demi Allah di hati ini yang ada hanya Allah, Rasulullah dan umat Rasullah. SubhanAllah Arifin sayang antum semua karena Allah. Muhammad Arifin Ilham," ungkap almarhum.

Menurut pernyataan adik ke-4 dari Ustaz Arifin, Kokom, sebelum meninggal dunia sang kakak sempat terbangun dari masa kritis dan tersadar. Kemudian Ustaz pun melaksanakan salat.

"Ustaz meninggal pada 23.40 waktu Penang. Tadi sempat sadarkan diri dan salat juga," ujar Kokom melansir dari kapanlagi.com.

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Munir Abdillah