Sabtu, 16 Januari 2021
03 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Haji umrah / Upaya Ini yang Dilakukan Kemenag untuk Melindungi Jemaah Umrah
FOTO I Dok. youtube
“Keenam langkah ini merupakan langkah pemerintah supaya negara tetap hadir di tengah Jemaah,” kata Nizar

Sharianews.com, Jakarta ~ Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar memberikan langkah terbaru dalam mereformasi peraturan untuk melindungi jemaah umrah.

"Di antaranya adalah penguatan regulasi dengan terbitnya Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Selanjutnya, dikatakan oleh Nizar, adalah Penguatan kelembagaan dengan pembentukan unit eselon II tersendiri sejak tahun 2017. Ketiga, sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) sebagai Biro Perjalanan Wisata.

"Untuk hal ini diharapkan akan rampung Maret tahun ini," ujarnya.

Keempat, Pelayanan perizinan secara online yang terintegrasi dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kemenag. Kelima, Nota kesepahaman dengan Komite Akreditasi Nasional untuk Pelaksanaan Akreditasi PPIU oleh Lembaga yang akan dimulai pada tahun ini.

Keenam, pembangunan Sistem Pendaftaran dan Pengawasan Umrah secara elektronik yang terintegrasi sebagai pengembangan dari SIPATUH yang telah rilis tahun 2018 yang lalu.

“Keenam langkah ini merupakan langkah pemerintah supaya negara tetap hadir di tengah Jemaah,” kata Nizar

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan penguatan kelembagaan di tingkat Kanwil dengan mengubah/menambah nomenklatur Seksi Pembinaan dan Pengawasan Haji Khusus dan Umrah serta penambahan staf teknis umrah pada Kantor Urusan Haji Indonesia di Jeddah.

Demikian pula penguatan regulasi melalui internalisasi regulasi umrah dalam pembahasan RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, serta upaya pengintegrasian sistem dengan berbagai stakeholder yang terkait, termasuk dengan e-Umrah di Arab Saudi.

“Upaya-upaya itu terus dilakukan untuk memastikan bahwa reformasi umrah akan menghasilkan sistem penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang zero persoalan, dan bahkan akan memberikan manfaat bagi bangsa indonesia secara umum,” ujar Nizar. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo