Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ekbis / Total SWI Berantas 3.193 Pinjol Ilegal
Foto dok. Pexels
Tidak sedikit masyarakat yang terjebak pinjol ilegal karena

Sharianews.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada Investasi (SWI) telah memblokir 3.193 pinjaman online (pinjol) ilegal hingga 21 Juni 2021 yang sebagian besar memanfaatkan data pribadi nasabah untuk keperluan penagihan dengan mengintimidasi.

Selain itu, Ketua Satgas Wasapada Investigasi Tongam L.Tobing mengatakan tidak sedikit masyarakat yang terjebak pinjol ilegal karena rata-rata oknum terkait tidak meminta persyaratan yang ketat untuk menggaet nasabah.

“Jumlah ini sangat besar. tidak sedikit masyarakt yang terjebak pinjol illegal karena rata-rata oknum terkait tidak meminta persyaratan yang ketat untuk menggaet nasabah. Meski demikian, konsekuensi dari pinnjol illegal amat berbahaya. Stop meminjam pinjol illegal,” ujarnya, menukil instagram OJK, Selasa (22/06).

Ia brerpesan, pastikan hanya menggunakan pinjol. Caranya dengan mengecek legalitas izinnya ke kontak OJK 157 @kontak157, whatsapp 081 157 157 157 atau email [email protected]

Pemberantasan ribuan pinjol ilegal ini dilakukan demi membuka jaringan antar oknum pelaku pinjol. Bareskrim Divisi Humas Polri berkoordinasi dengan OJK sehingga hasil penyidikan yang berjalan akan membuka jaringan dan keterkaitan antar penyedia jasa pinjol ilegal.

Kabareskin Polri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan pemeberantasan ribuan pinjol illegal dilakukan demi membuka jaringan antar oknum pelaku pinjol. Bareskim akan berkoordinasi dengan OJK sehingga hasil penyidikan yang berjalan akan membuka jaringan dan keterikatan antar penyedia jasa pinjol illegal.

“Arahan pemeberantasan pinjol illegal ini telah diberikan kepada seluruh daerah di Indonesia agar penindakan lebih mudah dilakukan per wilayahnya. Bareskim tidak akan menunggu ;laporan korban terlebih dahulu dalam membasmi pinjol illegal,” pungkas Agus.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: