Sabtu, 28 November 2020
13 Rabi‘ at-akhir 1442 H
Home / Keuangan / Tito Maulana Terpilih Sebagai Ketua Umum MES DKI Jakarta
Foto dok. MES
Terdapat tiga kandidat yang maju mencalonkan diri menjadi calon ketua umum pada Muswil kali ini.

Sharianews.com, Jakarta - Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) 2020 via daring, Senin (26/10). Pada Muswil ini Tito Maulana terpilih sebagai Ketua Umum MES DKI Jakarta menggantikan Rezza Artha.

Dalam proses pemilihan ketua umum, terdapat tiga kandidat yang maju mencalonkan diri menjadi calon ketua umum pada Muswil kali ini. Mereka adalah Muhammad Assad, Tito Maulana, dan Fuddy Heruzady.  Ketiganya adalah pengurus aktif pada periode yang lalu dimana masing-masing menjabat sebagai ketua v, bendahara umum, dan wakil ketua umum.

Ketua Panitia Diantri Lapian mengatakan tingginya animo pengurus lama untuk mencalonkan diri maju menjadi calon ketua umum dinilai menjadi sebuah pertanda baik bahwa semangat dan antusiasme generasi muda pada pengembangan perekonomian syariah di Indonesia dan di Jakarta pada khususnya terus meningkat.

“Musywil yang berlangsung hangat, tertib dan lancar inipun berakhir dengan terpilihnya secara aklamasi Tito Maulana sebagai Ketua Umum, Fuddy Heruzady sebagai Wakil Ketua Umum I, dan Muhammad Assad sebagai Wakil Ketua Umum II pada jajaran kepengurusan MES DKI Jakarta periode 2020-2023,” ujar dia.

Dengan terpilihnya kepengurusan baru ini diharapkan MES DKI Jakarta dapat menghadirkan terobosan-terobosan kreatif dan inovatif guna memacu pemulihan ekonomi yang tengah terpuruk akibat badai pandemi yang belum berakhir hingga saat ini. Selamat bertugas Pengurus Wilayah MES DKI Jakarta periode 2020-2023.

Muswil ini digelar sebagai konsekuensi atas berakhirnya masa kepengurusan Pengurus Wilayah MES DKI Jakarta periode 2017-2020 yang telah berakhir di September silam.

Diantri menjealaskan, hajatan yang sejatinya wajib digelar sebelum berakhirnya kepengurusan tersebut, menjadi mundur dan akhirnya atas restu Pengurus Pusat MES dapat dilaksanakan secara daring, dikarenakan kendala pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda hingga saat ini.

Pada gelaran Muswil secara daring ini terlihat hadir jajaran kepengurusan MES Pusat yang diwakili oleh Firdaus Djaelani selaku Wakil Ketua Umum PP MES Edy Setiadi selaku Sekretaris Jenderal PP MES, dan M. Syakir Sula selaku Ketua III PP MES.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga duduk di kursi Ketua Dewan Pembina MES DKI Jagara menyatakan akan pentingnya pengembangan ekonomi berbasis syariah seperti kewirausahaan syariah, dan itu semua tentunya anak-anak muda, anak-anak milenials yang dapat mengambil peran besar kedepan.

“Oleh karenanya MES DKI Jakarta yang juga dikenal sebagai kepengurusan MES milenials sangat cocok untuk mengambil peran tersebut,” imbuh Sandiaga.

MES DKI Jakarta yang fokus di pengembangan perekonomian syariah ini memang dikenal cukup aktif di berbagai kegiatan-kegiatan berskala lokal, nasional, maupun internasional. Sebut saja gelaran wisata olahraga berskala internasional pernah digelarnya di 2018 yang lalu di Pulau Tidung.

Gelaran bertajuk Tidung Aquathlon itu pun berhasil menarik para atlet dan wisatawan dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam event sports halal tourism pertama di Jakarta, sebagaimana dijelaskan oleh Rezza Artha dalam Laporan Pertanggung Jawabannya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman