Sabtu, 20 Juli 2019
18 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Lifestyle / Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik
FOTO I Dok. nu.or.id
Hewan kurban yang baik dan sehat menjadi kualitas kesehatan untuk penerima daging kurban.

Sharianews.com, Bagi umat Muslim yang hendak berkurban, sudah pasti ingin memberika hewan yang terbaik. Karena hal tersebut menyangkut jaminan kepuasan dan kesehatan untuk orang-orang yang berhak menerima manfaat dari hasil kurban kita.

Beberapa tips berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin memilih hewan kurban:

Baik Secara Fisik

Secara fisik, hewan kurban memang harus dipastikan dalam kondisi yang baik. Dalam arti tidak mengalami kecacatan seperti buta, sakit, pucat, kaki yang pincang, terlalu kurus hingga tidak memiliki sumsung tulang, dan lainnya.

Selain itu, tubuh hewan kurban juga harus bersih. Setidaknya kebersihan menandakan bahwa hewan tersebut dirawat agar terjaga dari penyakit.

Tanda-tanda sakit pada hewan kurban seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Selain sehat, tubuhnya pun harus ideal, untuk sapi dan kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, dan keempat kakinya simetris, serta tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah terang.

Mencapai Usia Ideal

Usia ideal bagi hewan kurban tidaklah sama satu dengan yang lain, antara kambing dengan sapi atau kerbau maupun unta. Untuk kambing usia idealnya sekitar 12 hingga 18 bulan, sedangkan sapi 22 bulan dan unta 5 tahun.

Cara mengetahuinya bisa dengan metode cek gigi hewan. Apabila gigi hewan tersebut telah tanggal, menandakan kambing memasuki usia sekitar 12-18 bulan, dan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Hewan kurban akan mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Biasanya karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Standar hewan kurban sendiri harus memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus. Oleh karenannya hewan kurban yang memiliki nafsu makan baik dan terjaga .Tidak hanya nafsu makan yang baik, tetapi juga pilih yang lincah, matanya bersinar dan bulunya tidak kusam.

Sebagai tambahan, hewan kurban bisa dikatakan baik ketika cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih dan mengilap, napas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, dan bersih. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo