Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / For Beginners / Tips Bisnis Emas Online

Tips Bisnis Emas Online

Jumat, 18 September 2020 17:09
Foto dok. Pexels
Tiga tips dalam berbisnis online emas

Sharianews.com, Jakarta - Emas menjadi salah satu bentuk investasi pilihan. Bahkan tidak jarang dikatakan, emas sebagai investasi yang paling aman diantara bentuk investasi lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, bisnis emas juga mengalami transformasi. Sekarang bisnis emas bisa dilakuakn secara online.

Penulis Buku Pintar Ekonomi Syariah yang juga merupakan Ketua Dewan Pengawas Syariah BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Cibitung Ahmad Ifham Sholihin memberikan tips bisnis online emas.

Menurutnya, ada tiga tips dalam berbisnis online emas. Pertama, pilihlah yang kredibel.  Hal itu diperlukan, karena emas pemegangnya akan dianggap sebagai pemiliknya. Maka dari itu pilihlah yang kredibel. Kredibel di sini dilihat dari sisi legalnya, seperti di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Lembaga yang di bawah OJK seperti Pegadaian Syariah dan bank syariah. Mereka boleh jadi pilihan, karena otoritasnya ada. Apa lagi kalau dia perusahaan milik BUMN,” ujar Ifham, dalam webinar Kupas Tuntas Investasi Emas dalam Islam dan Tren Transaksi Emas Online yang diselenggarakan Sharianews.com bersama Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (Fossei), Jumat (18/09).

Selanjutnya, tips kedua adalah pilih akad yang halal. Di lembaga syariah kehalalan jaminan itu diawasi dewan pengawas syariah masing-masing lembaga. Kemudian, ruku dan syarat akadnya terpenuhi. Tidak kalah penting, uang yang disetrokan juga akan digunakan untuk bisnis halal.

Tips terakhir atau ketiga, yakni sesuaikan dengan kebutuhan saja “Tidak usah terlalu risau kalau harga naik atau harga turun. Ya kalau ingin beli, ya, beli,” pungkas Ifham.

Rep. Aldiansyah Nurrahman