Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / Tingkatkan Literasi Perbankan Syariah, BNI Syariah Bentuk JES Kendari
Perbankan syariah terus tumbuh, karena itu perlu terus didorong melalui pemahaman literasi keuangan syariah dengan melibatkan seluruh stakeholders.

Sharianews.com, Kendari. BNI Syariah bersama Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) menggelar acara “Bincang-bincang bersama Jurnalis” dengan tema Trend Perbankan Syariah 2018. Bersamaan dengan acara tersebut juga diluncurkan forum komunitas Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) di Hotel Same, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Perwakilan Walikota Kendari, Makmur yang menghadiri acara tersebut mengatakan perbankan syariah terus mengalami pertumbuhan, karena itu, perlu terus didorong melalui pemahaman mengenai literasi keuangan syariah dengan melibatkan seluruh stakeholders.

“Termasuk di dalamnya jurnalis, dalam mempublikasikan informasi yang transparan, profesional, jujur, objektif, akurat, dan berpihak pada kepentingan umum sesuai dengan harapan masyarakat,”jelasnya, di Kendari, Kamis (22/11/2018).

Lebih lanjut, ia mengharapkan  kehadiran komunitas JES Kendari berperan strategis dalam membantu mengembangkan industri syariah, praktisi syariah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah kota Kendari sangat mensuport dan apresiasi dalam kolaborsi kerjasama BNI Syariah dan rekan wartawan membentuk JES. Kami menghimbau kepada seluruh pihak untuk berperan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Kota Kendari,”ujar Makmur.

Sementara, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara, Mohammad Fredly Nasution mengungkapkan bahwa para jurnalis bisa menjadi jembatan antara regulator dan masyarakat.

“Jurnalis dapat mentrasmisikan penyampaian kebijakan yang dikeluarkan oleh regulator serta mempublikasikan produk-produk lembaga keuangan syariah kepada masyarakat agar masyarakat dapat memahami memanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya,”papar Fredly.

Pelantikan pengurus JES Kendari pembentukannya telah dilakukan sehari sebelum acara ini bertepatan saat Musyawarah Cabang SPS di Hotel D’Blitz, Kendari, Rabu (21/11/2018).

JES merupakan forum wartawan yang meliput tentang ekonomi syariah didirikan di Rumah Jambu Luwuk, Bogor, Jawa Barat pada 6 November 2010 bersamaan dengan press gathering BNI Syariah.

Sampai saat ini telah terbentuk forum wartawan JES di 13 kota yaitu Jakarta, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Makassar, Palu, Banda Aceh, Padang, Bandung, Medan dan Balikpapan. Pada kesempatan ini dibentuk JES ke-14 di Kendari mencakupi wilayah Sulawesi Tenggara.

Susunan kepengurusan JES Kendari:

Ketua                : Rustam Zamaluddin-Tenggaranews.com

Wakil Ketua       : Emilya-Kendari Pos

Sekretaris         : Supriyanto-Harian Rakyat Sultra

Bendahara        : Clara-Penasultra.com

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil