Senin, 27 Mei 2019
23 Ramadan 1440 H
Home / Keuangan / Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, BCA Syariah Gelar Pelatihan untuk Wartawan
FOTO | Dok. aldi.sharianews.com
Lewat pelatihan untuk wartawan, BCA syariah berupaya membangun sinergi antara pelaku perbankan syariah dengan media dalam mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah.

Sharianews.com, Jakarta. BCA Syariah menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan, pelatihan untuk para wartawan yang diselenggarkan di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Acara ini bertajuk “Membaca Laporan Keuangan Bank Syariah” tersebut terselenggara dalam rangka mendorong peningkatan literasi keuangan syariah.

Materi pelatihan yang diberikan mengenai pengetahuan dasar laporan keuangan, membaca kinerja perusahaan, dari laporan keuangan publikasi serta memahami rasio-rasio keuangan.

Materi tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Kerja Keuangan dan Perencanaan Perusahaan BCA Syariah, Pranata Nazamuddin.

John Kosasih, Presiden Direktur BCA Syariah mengatakan pelatihan wartawan merupakan bagian dari salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Syariah Peduli, dalam pilar peduli prestasi yang fokus pada pendidikan dan peningkatan keterampilan.

“Sekaligus sebagai bentuk sinergi antara pelaku perbankan syariah dan media dalam mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah,”jelas John.

Program BCA Syariah mengajar

Lebih lanjut, John mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian edukasi untuk meningkatkan literasi mengenai perbankan syariah secara berkesinambungan.

Kegiatan tersebut juga bagi dari CSR BCA melalui tema kegiatan 'BCA Syariah Mengajar' yang ditujukan kepada para siswa, mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkatan Sekolah Menengah Atas.

BCA Syariah Mengajar telah menjangkau setidaknya 600 siswa dari 12 sekolah di berbagai lokasi di Indonesia, antara lain Jabodetabek, Surabaya, Malang, Palembang, dan Medan yang dilakukan sepanjang 2018.

Lebih lanjut, John meyampaikan bahwa tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah menjadi faktor penting untuk mendorong perkembangan keuangan syariah di Indonesia.

“Kegiatan edukasi telah menjadi program yang akan kami lakukan secara berkesinambungan untuk mendukung pertumbuhan industri,”ujarnya.

Dengan kegiatan edukasi ini, BCA Syariah juga ingin masyarakat tahu dan mengenal bahwa bank syariah sama bagus, lengkap, dan modern dengan konvensional, sehingga menjadikan bank syariah bagian dari gaya hidup masyakarat.

Sebagai informasi, berdasarkan survei literasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016, indeks inklusi keuangan syariah sebesar 11,06 persen, masih lebih tinggi dibandingkan dengan indek literasi pemahaman syariah sebesar 8,11 persen. 

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat sudah menggunakan produk keuangan syariah walaupun belum memahami secara komprehensif tentang fitur produk, kemanfaatan, serta risiko produk dan jasa keuangan syariah.(*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil