Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / Tingkatkan Literasi Keuangan, iB Marcomm dan OJK Bersinergi di Bulan Inklusi Keuangan
Beragam kegiatan seperti transaksi online yang diselenggarakan diikuti beberapa merchant, mulai dari produk dan layanan berbasis fesyen, hobi, otomotif, properti, dan lomba-lomba menarik.

Sharianews.com, Jakarta - Forum Islamic Banking Marketing and Communcation (iB Marcomm) sinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meningkakan literasi keuangan syariah di Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama bulan Oktober 2020.

Ketua Umum iB Marcomm Nur Trismantara menjelaskan beragam kegiatan seperti transaksi online yang diselenggarakan diikuti beberapa merchant, mulai dari produk dan layanan berbasis fesyen, hobi, otomotif, properti, dan lomba-lomba menarik.

“Acara juga dipadukan dengan talkshow webinar menarik menampilkan para praktisi perbankan, inluencer diantaranya Hanan Attaki dan pertunjukan akustik musik. Selain itu, gelaran bertema Syariah Online Festival ini juga menghadirkan program promo menarik dari produk-produk Perbankan Syariah,” tuturnya, Selasa (13/10).

Data OJK di tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan nasional mencapai 38,0 persen dari sebelumnya 29,7 persen di tahun 2016. Sementara indeks inklusi keuangan nasional juga menunjukkan kenaikan yang signifikan, dari 67,8 persen di tahun 2016, naik mencapai 76,2 persen di tahun 2019. Selama tiga tahun terakhir, literasi keuangan syariah juga meningkat menjadi 8,93 persen di tahun 2019 yang sebelumnya 8,1 persen di tahun 2016.

Syariah Online Festival merupakan bentuk dukungan dari perbankan syariah untuk mensukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2020, yang tahun ini mengangkat tema AKSESSKU atau Satukan Aksi Keuangan Inklusif Untuk Indonesia Maju yang dilaksanakan mulai tanggal 5 Oktober – 3 November 2020. 

Kegiatan ini dapat diakses melalui platform website BIK di www.bik2020.id  didalamnya terdapat banner khusus kegiatan perbankan syariah pada microsite  http://www.ib-onlinefest.com.

Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual ini ditampilkan 300 booth lembaga jasa keuangan, e-commerce dan kementerian/lembaga. Termasuk didalamnya 20 booth bank syariah. Berbagai digital competitions diselenggarakan untuk meningkatkan animo masyarakat berpartisipasi dalam syiar keuangan syariah ini, diantaranya: Vlog Competition, Lomba menulis artikel syariah, lomba tutorial hijab dan syariah video challenge dengan hadiah jutaan rupiah.

Sebagai bentuk edukasi, setiap minggunya iB Marcomm menghadirkan online talkshow dan webinar dengan topik menarik, menghibur dan interaktif dengan ragam tema mulai dari tabungan haji, perencanaan keuangan, tabungan pelajar, pembiayaan syariah dan gaya hidup syariah dengan hadiah langsung berupa e-voucher untuk peserta.

Nur Trismantara mengatakan sejalan dengan aspirasi menjadi industri keuangan syariah yang modern di Indonesia, Perbankan Syariah senantiasa adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital.

“Di tengah situasi yang masih menantang akibat pandemi Covid-19, Event Syariah Online Festival sangat relevan karena dapat mendukung transaksi yang sehat dan aman tanpa harus keluar rumah atau bersentuhan fisik dengan benda lain," ujarnya.

Nur Trismantara menerangkan kemitraan yang baik antara iB Marcomm dan OJK dapat saling memperkuat dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat untuk pengembangan ekonomi syariah dan diharapkan dapat terciptanya gaya hidup masyarakat syariah lebih modern.

"Kami berusaha untuk terus berperan aktif melayani masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan mewujudkan aktivitas online dalam literasi dan edukasi keuangan syariah melalui Event Syariah Online Festival,” tutupnya

Rep. Aldiansyah Nurrahman