Kamis, 12 Desember 2019
15 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Keuangan / Terjun di Keuangan Syariah, Taspen Bentuk Unit Investasi Syariah
Iqbal Latanro mengatakan, ini disebabkan adanya minat yang tinggi dari nasabah dalam bertransaksi dengan skema syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Taspen (Persero) mulai terjun ke dalam sektor keuangan syariah dengan cara membentuk unit investasi syariah yang direncanakan per 1 Januari 2020.

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro mengatakan, ini disebabkan adanya minat yang tinggi dari nasabah dalam bertransaksi dengan skema syariah. Peluang yang ada juga cukup besar dalam pembentukan ini.

"Transaksi-transaksinya akan berdasarkan akad syariah. Kami melihat peluang ini," jelasnya menegaskan, dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (14/11/).

Taspen telah memiliki instrumen investasi syariah sebesar Rp9,1triliun pada tahun 2018 dengan peningkatan rata-rata dari tahun 2016 sebesar 34 persen, terdiri atas saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Capital Market (Jakisl), Sukuk dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Sedangkan total dana investasi yang dikelola oleh Taspen sebesar Rp254triliun. Dana kelolaan tersebut terdiri dari dana akumulasi pensiun dan dana pengelolaan Tabungan Hari Tua (THT).

“Tidak ada alokasi dana secara khusus berapa yang terkait prinsip syariah, namun kami akan melihat jika ada peluang untuk masuk, pasti kami memasuknya,” tandas Iqbal.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, Taspen berupaya terbaik untuk menjawab kebutuhan nasabah dengan menginisiasi pemisahan pengelolaan investasi syariah dan membentuk Unit Investasi Syariah untuk menciptakan pengelolaan investasi yang lebih agile dan efektif.

Saat ini, beberapa pemerintah daerah sudah mengutarakan kebutuhannya untuk dilayani secara syariah, salah satunya adalah Qanun Aceh. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: