Selasa, 20 Agustus 2019
19 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Keuangan / Terdaftar di OJK, Pembiayaan Fintek Alami Melebihi Target
FOTO I Dok. duniafintech.com
CEO Alami Dima Djani mengatakan, Alami terdaftar secara resmi di OJK pada 30 April 2019 dan surat resminya dikeluarkan minggu pertama Mei 2019.

Sharianews.com, Jakarta ~ Perusahaan financial technology (fintech) syariah, PT Alami Fintek Sharia (Alami) pada bulan pertama setelah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kinerja perkembangan bisnis yang pesat.

CEO Alami Dima Djani mengatakan, Alami terdaftar secara resmi di OJK pada 30 April 2019 dan surat resminya dikeluarkan minggu pertama Mei 2019. Sejak surat tersebut turun, Alami telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp4,4miliar sampai akhir Mei 2019.

“Kita baru beroperasi (sejak resmi dari OJK) di minggu kedua Mei 2019. Sampai akhir bulan, Alhamdulillah kita sudah menyalurkan Rp4,4miliar dalam bulan Mei. Jadi jatuhnya tiga minggu. Minggu pertama baru terdaftar, minggu kedua mulai,” jelas Dima, saat ditemui Sharianews.com, di Jakarta, Senin (10/6).

Jumlah pembiayaan yang disalurkan tersebut, melebihi dari target yang ditetapkan Alami yakni Rp2-3miliar di waktu yang sama.

Dima memaparkan, pencapaian yang melebihi target pada Mei lalu, disebabkan faktor kepercayaan masyarakat, melihat status Alami yang sudah terdaftar di OJK. Dengan terdaftar di OJK, masyarakat mulai mengetahui Alami sehingga mendapatkan demand yang lebih besar dari target.

Dari sisi pelaku Usaha, Kecil, dan Menengah (UKM) mereka lebih nyaman dengan status terdafar di OJK. UKM yang datang ke Alami juga memiliki kualitas bagus.

Begitupun dari sisi funding, nasabah lebih nyaman dengan perusahaan yang teregister di di OJK. Selain itu, faktor Alami yang merupakan salah satu fintech syariah pada saat awal berdiri, menjadi pertimbangan tersendiri. Dengan faktor-faktor tersebut, funding bisa percaya dengan Alami.

Diungkapkan Dima, selama ini funding memiliki keinginan terhadap fintech syariah, tapi sulit percaya. Pertimbangannya adalah melihat kurang kredibilitasnya. Dengan terdaftar di OJK itu menjadi pertimbangan yang penting.

Dima mengingatkan, kepercayaan masyarakat sangat penting dalam berbisnis, “Jadi Alhamdulillah dengan terdaftar di OJK dan kita mengikuti aturan OJK, dari perlindungan masyarakat dan segala macamnya, masyarakat juga jadi percaya. Kelihatan sekali sebelum terdaftar dan sesudah terdaftar di OJK, memang animo masyarakat terhadap Alami berbeda,” pungkas Dima. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo