Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Target Auditor Halal Tahun Ini 1000 Orang
FOTO I Dok. halalmuibali.org
"Kita sudah merealisir MoU hingga saat ini ada 15 perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri tinggi maupun IAIN/UIN," jelas Sukoso.

Sharianews.com, Jakarta ~ Peraturan Pemerintah Jaminan Produk Halal (PPJPH) sudah selesai ditandatangani semua pihak, dan saat ini tinggal menunggu keputusan dari Presiden untuk final proses.

Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH), Prof Sukoso juga mengatakan kesiapannya terkait dengan pihaknya sebagai leading sektor jaminan produk halal, terutama dari sisi auditor.

"Begini, mengenai auditor kita sudah pelatihan. Pelatihan persiapan calon auditor ini sudah angkatan ke empat, jumlahnya sudah 120 orang, tahun ini akan kita garap berikutnya tentunya ini akan berlanjut terus," ujar Sukoso ketika ditemui sharianews.com usai rapat bersama kemenag, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Lebih lanjut dikatakan Sukoso, terkait dengan penyediaan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), sasaran pertama yaitu menggandeng seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Kita sudah merealisir MoU hingga saat ini ada 15 perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri tinggi maupun IAIN/UIN," jelas Sukoso.

Hal tersebut dimaksudkan agar menggaet para pelaku usaha yang ada di daerah.

"Karena itu harus diperkuat dengan MoU," ucap Sukoso.

Selain itu, ketika ditanyakan target auditornya di tahun ini, Prof Sukoso menjawab singkat. "Tahun ini kita berharap bisa 1000 atau 1500 tercapai," tambah Sukoso.

Seperti diketahui, saat ini PP JPH sudah ditandatangani sejumlah menteri dan lembaga terkait. Terakhir, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) juga sudah membubuhkan paraf untuk diserahkan ke Sekretariat Negara guna proses penandatanganan oleh Presiden Joko Widodo.

"Semua sudah paraf, sehingga RPP bisa diajukan ke Presiden untuk ditandatangani," ujar Sukoso. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo