Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Ziswaf / Sun Life dan Dompet Dhuafa Ciptakan Tren Baru Berdonasi
FOTO I Dok. Arif Sharianews.com
Secara keseluruhan, angka berdonasi di Indonesia memang mengalami kenaikan sebesar 20 persen per tahunnya, sebagaimana yang dikatakan Direktur Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan.

Sharianews.com, Tren berdonasi saat ini tidak hanya dimotori oleh orang-orang yang telah mapan usianya saja. Generasi milenial pun banyak yang mengambil peran serta di dalamnya.

Secara keseluruhan, angka berdonasi di Indonesia memang mengalami kenaikan sebesar 20 persen per tahunnya, sebagaimana yang dikatakan Direktur Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan.

Sekitar 4,8 persen dari pendapatan milenial dialokasikan untuk donasi. Hal tersebut disampaikan oleh lembaga riset Alvara Research Center 2016 lalu. Tidak heran apabila World Giving Index Report 2018 menilai bahwa Indonesia menjadi negara paling murah hati di dunia.

Hasil survei tersebut dinilai memiliki dampak yang signifikan terhadap program Salam Proteksi Amanah yang baru saja diluncurkan pada Kamis, (16/5). Program Salam Proteksi bukan hanya sebatas asuransi biasa, tetapi juga memiliki unsur donasi untuk duafa (donation-priority).

“Salam Proteksi Amanah akan memudahkan kaum duafa. Bantuan tersebut tidak hanya bersifat konsumtif bagi penerima manfaat, tetapi bisa dikelola dengan baik dengan memberdayakan mereka. Salam Proteksi Amanah berbuat sedikit, tapi dampaknya panjang dan banyak,” kata Imam saat konferensi media di Agro Plaza Kuningan.

Chief Syariah Bisnis Sun Life Norman Nugraha menjelaskan, hanya dengan membayar polis sebesar Rp50ribu per tahun, akan mendapatan asuransi sekaligus membantu duafa. Berkat program ini, kaum duafa dapat terproteksi hidupnya.

 Norman menjelaskan, pihaknya akan fokus mengejar target pemberian proteksi untuk satu juta orang duafa pada tahun ini.

“Selama ini asuransi dipandang sebagai produk kalangan papan atas. Namun, berkat program Salam Proteksi Amanah seluruh kalangan mulai dari bawah hingga menengah bisa memilikinya,” lanjut Norman.

Adanya program baru ini, menurut Dewan Syariah Sun Life Faturahman Jamil dapat membentuk sebuah tren serta model baru sistem berdonasi dan filantropi rakyat Indonesia. Dengan sedikit sumbangan seseorang dapat memberikan proteksi kepada kaum duafa dalam jangka waktu panjang.

“Produk ini akan bagi-bagi rezeki, tapi tidak konsumtif secara langsung tetapi berupa proteksi kepada kaum duafa,” kata Faturahman dalam keterangan persnya. (*)

 

 

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo