Sabtu, 4 April 2020
11 Sha‘ban 1441 H
Home / Keuangan / Sukuk Ritel SR012 Resmi Dibuka, Harga Mulai dari Rp1 Juta
FOTO I Dok. pexels.com
Pemerintah resmi menetapkan besaran tingkat imbalan/kupon SR012 sebesar 6,30 persen per tahun.

Sharianews.com, Jakarta ~ Minat investor terhadap Sukuk Ritel Seri SR012 diperkirakan tetap meningkat meski tingkat hasil imbalannya lebih rendah bila dibandingkan dengan seri sebelumnya yakni yakni SR011 sebesar 8,05 persen.

Hal ini disebabkan Sukuk Ritel Seri SR012 memiliki potensi return yang akan didapatkan. Pemerintah secara resmi membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR012 kepada investor individu warga negara Indonesia. Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 24 Februari - 18 Maret 2020. 

SR012 memiliki tenor tiga tahun, dan pemerintah resmi menetapkan besaran tingkat imbalan/kupon SR012 sebesar 6,30 persen per tahun. Tujuan penerbitan SR012 secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2020.

“Melalui SR012, pemerintah turut memberikan kesempatan kepada setiap warga negara Indonesia untuk dapat berinvestasi sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional,” demikian disampaikan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Senin (24/2).

Beberapa pokok ketentuan dan persyaratan SR012 yakni, bentuk dan karakteristik Sukuk Negara tanpa warkat dan dapat diperdagangkan (tradable). Tanggal penetapan penjualan pada 23 Maret 2020. Tanggal setelmen jatuh pada 26 Maret 2020.

Tenor SR012 tiga tahun. Kemudian tanggal jatuh tempo 10 Maret 2023. Minimum pemesanan satu juta rupiah dan maksimum pemesanan tiga juta rupiah. Underlying asset yaitu Barang Milik Negara (BMN) dan Proyek APBN tahun 2020. Akad yang digunakan Ijarah asset to be leased.

Jenis imbalan/kuponnya fixed coupon, pembayaran secara periodik setiap bulan. Tanggal pembayaran kupon pertama kali pada 10 April 2020 (short coupon). Sementara tanggal pembayaran imbalan/kupon setiap tanggal 10 setiap bulannya.

Dalam hal tanggal pembayaran imbalan/kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran imbalan/kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi imbalan/kupon. Hari kerja adalah hari di mana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Minimum holding period selama tiga kali pembayaran kupon (dapat diperdagangkan mulai tanggal 11 Juni 2020).

Dengan mengusung tagar #InvestasiRakyatPenuhManfaat, pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap warga negara Indonesia untuk dapat berinvestasi pada SR012 sekaligus memiliki kesempatan berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional.

Proses pemesanan pembelian SR012 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SR012 yang dirilis pada tanggal 20 Februari 2020.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SR012 dapat menghubungi 28 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online) berikut ini:

  1. PT. Bank Central Asia Tbk
  2. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk
  3. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  4. PT. Bank Permata Tbk
  5. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  6. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  7. PT. Bank Danamon Indonesia Tbk
  8. PT. Bank Maybank Indonesia Tbk
  9. PT. Bank Panin Tbk
  10. PT. Bank CIMB Niaga Tbk
  11. PT. Bank DBS Indonesia
  12. PT. Bank OCBC NISP Tbk
  13. PT. Bank HSBC Indonesia
  14. PT. Bank Commonwealth
  15. PT. Bank UOB Indonesia
  16. PT. Bank Syariah Mandiri
  17. PT. Bank BRISyariah Tbk
  18. PT. Bank Muamalat Tbk
  19. PT. Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk
  20. PT. Danareksa Sekuritas
  21. PT. Bahana Sekuritas
  22. PT. Mandiri Sekuritas
  23. PT. Sinarmas Sekuritas
  24. PT. Bareksa Portal Investasi
  25. PT. Star Mercato Capitale (Tanamduit)
  26. PT. Nusantara Sejahtera Investama (Invisee)
  27. PT. Investree Radhika Jaya
  28. PT. Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) (*)
Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: