Sabtu, 8 Mei 2021
27 Ramadan 1442 H
Home / Lifestyle / Sri Mulyani Sebut Sosok Siti Khadijah Sebagai Inspirasi
Foto dok. Isntagram Sri Mulyani
Islam memiliki banyak tokoh perempuan insipiratif. Salah satunya istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah

Sharianews.com, Jakarta - Sosok berani nan tanggung sebagaimana muncul dari pahlawan wanita nasional Raden Ajeng (RA) Kartini, perannya sebagai pejuang hak wanita begitu kuat hingga mampu membangkitkan kaum wanita pada masa silam.

Setiap tanggal 21 April, Indonesia mengenang dan memperingati hari RA Kartini yang telah memperjuangkan hak-hak perempuan.

Di hari RA Kartini ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, di dalam sejarah Islam juga memiliki banyak tokoh perempuan insipiratif. Salah satunya adalah istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah

“Beliau (Siti Khadijah) adalah perempuan yang memiliki aset dan usaha. Tentu pada masa itu merupakan sesuatu yang luar biasa, bahwa perempuan bisa memiliki perusahaan,” jelasnya, dalam seminar nasional bertajuk Srikandi Ekonomi Syariah Bersinergi Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (21/04).

Apa yang ditunjukan Siti Khadijah, menurutnya, menunjukan bahwa perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa.

Sri Mulyani menerangkan, Srikandi sendiri dalam pewayangan Jawa adalah prajurit perempuan yang sangat menentukan kemenangan Pandawa di dalam perang Bharatayuda.

“Di dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat dan mendapatkan inspirasi dari para perempuan-perempuan yang kuat dan hebat di Indonesia. Kita mengenal sosok RA Kartini,” ujar Sri Mulyani.

RA Kartini semasa hidupnya terus memperjuangkan betapa pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan, karena peranan peremuan yang begitu nyata dan penting di dalam mendidik keluarganya dan bahkan di dalam membangun peradaban yang berkeadilan

Di dalam agama Islam, lanjut Sri Mulyani, juga ditekankan pentingnya untuk terus beramal, baik perempuan maupun laki-laki. “Karena di mata Allah SWT amalan laki-laki dan perempuan adalah sama,” tandasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman