Sabtu, 28 Januari 2023
07 Rajab 1444 H
Home / Ziswaf / Sri Mulyani: Lembaga Ekonomi Islam Memainkan Peran Penting dalam Situasi Pandemi
Foto dok. Sri Mulyani/Instagram
Lembaga-lembaga tersebut dinilai Sri Mulyani mampu memperkuat tatanan sosial dan solidaritas yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Sharianews.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan keberadaan lembaga-lembaga ekonomi Islam seperti lembaga zakat, infak, sedekah, dan wakaf bisa memainkan peran penting dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekaranga ini.

Lembaga-lembaga tersebut dinilai Sri Mulyani mampu memperkuat tatanan sosial dan solidaritas yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Pemerintah memberlakukan segala aturan (untuk menangani Covid-19), tetapi Pemerintah bukan satu-satunya pihak yang berperan. Masyarakat, khususnya masyarakat Islam juga dapat berpartisipasi dan membantu serta mendukung khususnya masyarakat miskin, sehingga dapat memulihkan mata pencahariannya dan memulihkan daya beli," jelasnya, dalam webinar baru-baru ini.

Menurutnya, nilai-nilai dalam ajaran Islam didasarkan pada prinsip solidaritas sosial, keadilan, kolaborasi, dan kesetaraan. Itu adalah prinsip yang penting dan menjadi relevan saat menghadapi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini.

Pemerintah terus menggulirkan berbagai cara untuk menangani Covid-19 baik dalam bidang kesehatan, maupun dalam bidang sosial ekonomi yang juga terkena imbas akibat pandemi ini dalam satu program besar yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Menkeu juga mengajak partisipasi masyarakat untuk membantu mengurangi penyebaran dan dampak dari pandemi ini.

"Pasalnya, Covid-19 ini tidak bisa hanya ditangani oleh satu aktor saja, sekalipun itu adalah pemerintah. Pemerintah akan mengandalkan rakyat untuk bisa bekerja sama dalam solidaritas sehingga kita bisa mengatasi Covid-19," terang dia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman