Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Keuangan / Sisa Anggaran Rp57,75 Triliun, Sri Mulyani: Untuk Sektor Kesehatan
Foto dok. Pexels
Terutama vaksinasi di 2021.

Sharianews.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Kementerian Keuangan akan menggunakan sisa lebih pembiayaan anggaran (SiLPA) di 2020 sebesar Rp57,75 triliun untuk sektor kesehatan, terutama vaksinasi di 2021.

Diutarakan Sri Mulyani, pengunaaan SILPA ini untuk membiayai vaksin dan pelaksanaan vaksinasi pada tahun ini. "Dana SiLPA pun digunakan untuk keperluan penanganan dampak pandemi Covid-19 dalam aspek kesehatan," jelasnya, dalam rapat paripurna DPR, di Jakarta,  Selasa (0709).

Dana SiLPA ini masih ditempatkan pada perbankan dan rencnanya akan digunakan untuk mendukung perbankan dan bank pembangunan daerah (BPD) dalam memberikan stimulus bagi usaha menengan, kecil, dan mikro (UMKM). Selain kesehatan, dana SilPA juga digunakan untuk pembiayaan lain.

"Pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan SiLPA untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah pada 2021 untuk pembiayaan lainnya, mengurangi besar utang 2021 agar lebih efisien," katanya.

Dia menambahkan juga akan mengelola utang secara hati-hati dengan menerbitkan surat berharga negara. Serta dengan adanya bantuan dari Bank Indonesia dan OJK.

"Kita juga mengelola utang dengan hati-hati dengan bekerja sama Bank Indonesia dan OJK melalui burden sharing," tandasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman