Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / Sinergi Ini yang Dilakukan BNI Syariah dan Bank NTB Syariah
Bank NTB Syariah merupakan hasil konversi dari Bank NTB pada 13 September 2018 lalu. Hal ini merupakan bukti dukungan pmerintah daerah terhadap ekonomi dan perbankan syariah.

BNI Syariah dan Bank NTB Syariah bersinergi dalam menerbitkan (kartu pembiayaan) Hasanah NTB Syariah Card. Penerbitan kartu pembiayaan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNI Syariah dengan Bank NTB Syariah terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto dengan Direktur Utama Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo. Turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

"Alhamdulillah, BNI Syariah dapat bersinergi dengan Bank NTB Syariah dalam penerbitan Hasanah NTB Syariah Card,” jelas Wahyu, dalam keterangannya, Kamis (28/2).

Melalui penerbitan kartu Hasanah NTB Syariah Card, Wahyu mengatakan BNI Syariah berharap dapat meningkatkan jumlah transaksi berbasis syariah dan meningkatkan percepatan ekonomi daerah dan sektor wisata halal di NTB.

“Ke depannya semoga sinergi ini dapat terus terjalin, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ekosistem halal di Indonesia," ujar Avianto.

Tujuan penerbitan Hasanah NTB Syariah Card yaitu sebagai kartu pembiayaan (kartu kredit syariah) yang didesain khusus untuk pegawai dan nasabah Bank NTB Syariah. Target dalam satu tahun pertama, BNI Syariah berharap dapat melayani minimal penerbitan 1.000 pemegang Hasanah NTB Syariah Card.

Berbagai benefit yang diperoleh pemegang Hasanah NTB Syariah Card antara lain dapat digunakan di seluruh dunia, dapat digunakan untuk transaksi pendidikan seperti pembayaran uang pendidikan, transaksi ibadah seperti pembelian paket umrah dan hewan kurban, transaksi rutin harian dengan berbagai promo seperti cashback dan diskon di restoran, hotel, travel, groceries, e-commerce dan promo lainnya.

Hasanah NTB Syariah Card dengan fiturnya diharapkan dapat mendukung tujuan dari Bank NTB Syariah untuk meningkatkan perekonomian daerah di Nusa Tenggara Barat.

Selain itu juga terdapat program endowment fund yaitu pengembalian sebagian dari transaksi yang terjadi oleh pengguna Hasanah NTB Syariah Card sebagai dana operasional yang dapat digunakan untuk menunjang fungsi dan peran dari Bank NTB Syariah.

Seperti diketahui bahwa Bank NTB Syariah merupakan bank milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mengelola keuangan daerah yaitu kas daerah dan membantu meningkatkan perekonomian daerah dengan memberikan pembiayaan kepada pengusaha kecil di Nusa Tenggara Barat.

Bank NTB Syariah merupakan hasil konversi dari Bank NTB pada 13 September 2018 lalu. Hal ini merupakan bukti dukungan pmerintah daerah terhadap ekonomi dan perbankan syariah.

Melalui konversi tersebut, Bank NTB Syariah menduduki posisi ke-8 dan mendongkrak market share perbankan syariah menjadi sebesar 5,7 persen dibandingkan dengan bank umum konvensional secara nasional (sumber SPS OJK September 2018).

Provinsi NTB juga merupakan provinsi dengan penduduk Muslim terbesar di wilayah Indonesia timur sebesar 94,75 persen dari total penduduk sebesar 4,5 juta jiwa. Besarnya jumlah penduduk Muslim tersebut merupakan sumber daya dan potensi utama bagi pertumbuhan ekonomi di provinsi NTB, khususnya potensi ekonomi syariah dan industri halal.

Terlebih lagi Lombok yang merupakan bagian wilayah NTB yang menjadi salah satu tujuan wisata halal dunia dan mendapat penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Sebagai Hasanah Banking Partner, melalui kerja sama ini BNI Syariah turut ambil bagian dalam mendukung pertumbuhan ekosistem halal di NTB.

BNI Syariah juga memiliki produk-produk unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat diantaranya pembiayaan konsumtif untuk pembelian rumah atau kendaraan, kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), pembiayaan produktif (modal kerja, investasi, dan mikro), tabungan haji dan umrah (BNI iB Baitullah Hasanah), serta Wakaf Hasanah.

Dengan didukung teknologi dan jaringan sharia channeling office (SCO) dari BNI, BNI Syariah siap memberikan layanan yang terbaik, halal, dan sesuai dengan prinsip syariah.

Sebelumnya BNI Syariah telah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam penerbitan BNI iB Hasanah Card  sebagai Official Travel Card for World's Best Halal Tourism Destination. BNI iB Hasanah Card hadir dengan desain khusus yaitu gambar Danau Segara Anak Rinjani Lombok yang merupakan salah satu objek wisata halal di Lombok.

Sebagai kartu yang mendukung pariwisata halal, BNI iB Hasanah Card berupaya memberikan keutamaan dengan memberikan kemudahaan bagi nasabah berupa dukungan jaringan Mastercard yang luas sehingga dapat melakukan transaksi di manapun, menikmati keindahan alam dan budaya lokal tanpa perlu khawatir menjalankan ibadah salat tepat waktu dan menikmati kuliner yang halal bersama biro perjalanan wisata mitra BNI Syariah yang terpercaya. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo