Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Keuangan / Sinergi Berbagai Lembaga Bangun Ekonomi Syariah Lewat ISEF
ISEF 2019 menjadi babak baru untuk mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah nasional ke level global.

Sharianews.com, Jakarta ~ Bank Indonesia (BI), Komite Nasionai Keuangan Syariah (KNKS), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Kementerian Luar Negeri, dan otoritas atau lembaga terkait lainnya bersinergi dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Hal ini diwujudkan melalui penyelenggaraan lndonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang dilaksanakan pada 12-16 November 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Mengangkat tema "Sharia Economy for Stronger and Sustainable Growth", ISEF 2019 menjadi babak baru untuk mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah nasional ke level global dalam mewujudkan Indonesia sebagai rujukan (center of excellence) ekonomi keuangan syariah dunia.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Suhaedi mengatakan, penyelenggaraan ISEF ini merupakan jalan bagi Indonesia untuk mengukuhkan posisinya sebagai referensi ekonomi dan keuangan syariah dunia.

ISEF keenam ini, menurutnya sangat istimewa. Lima pagelaran sebelumnya telah diselenggarakan di Surabaya, selanjutnya dilaksanakan di Jakarta. Selain itu, ISEF sebelumnya hanya bertaraf nasional, kini menjadi level internasional.

“Kemudian, sebelumnya penyelenggaranya hanya BI. Tapi sekarang ada KNKS dan didukung kementerian lembaga dan pihak terkait yang mempunyai visi misi bersama yaitu mengembangkan ekonomi syariah nasional menuju referensi dunia,” ungkap Suhaedi, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (7/11).

Sementara itu, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Achmad Rizal Purnama mengatakan, asosiasi dari dalam dan luar negeri akan mendukung penuh acara ini. “Semula BI yang menangani ini, di ISEF keenam ini dilakukan secara berjemaah,” ujar Suhaedi.

Lalu, Anggota Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Ajar Susanto Broto menyampaikan, BPKH akan manjalin relasi dari lembaga luar negeri pada ISEF kali ini.

“Ini adalah forum sama-sama, seperti tempat ibadah. Bagi yang  mempunyai tujuan yang sama bisa memanfaatkan momen ISEF ini,” imbuh Susanto.

Direktur Eksekutif KNKS Ventje Raharjo menjelaskan ISEF ini dinantikan pelaku ekonomi dan keuangan syariah di dalam dan luar negeri. “ISEF jadi rujukan pelaku ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dinantikan seluruh kalangan Indonesia,” tutup Ventje. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: