Minggu, 27 September 2020
10 Ṣafar 1442 H
Home / Lifestyle / Sertifikasi Halal Gratis untuk Pedagang Kecil, Ini Kata YPHI
FOTO I dok. NGIDERNGILER.com
"Lihat saja misalnya ada bakso daging tikus, cilok dari daging babi, kan umumnya dari kelompok ini," ungkap Yanis.

Sharianews.com, Jakarta ~ Yayasan Produk Halal Indonesia (YPHI) angkat bicara terkait dengan sertifikasi halal untuk para pedagang kecil dan mikro yang ingin diberikan secara gratis oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua umum YPHI, Muhammad Yanis Musdja mengatakan, konsep dari UUJPH no. 33 tahun 2014 memang seperti itu.

"Sertifikasi Halal untuk UMKM disubsidi atau digratiskan oleh pemerintah," kata Yanis ketika dihubungi Sharianews, Jakarta, Senin (4/3).

Ditambahkan Yanis, memang hal tersebut lebih utama, karena umumnya mereka banyak yang membuat produk tidak halal dan tayib. 

"Lihat saja misalnya ada bakso daging tikus, cilok dari daging babi, kan umumnya dari kelompok ini," sambung dosen yang baru menerima Honorable Advisor untuk Korea Institute of Halal Industry (KIHI) di Seoul tahun 2015 hingga 2020.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo menyampaikan Rancangan Peraturan Pemerintah Jaminan Produk Halal (RPPJPH) yang mengutamakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada gelaran Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu di lapangan Deltamas, Bekasi, Minggu (3/3).

Presiden Jokowi mengakui, para pengusaha mikro sudah meminta lembaga berwenang untuk menyertifikasi produk-produk mereka.

"Pedagang-pedagang kecil yang lainnya, yang gerobakan itu mereka juga minta sertifikasi halal," kata Presiden Jokowi. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo