Sabtu, 11 Juli 2020
21 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Ziswaf / Sejumlah Dampak Corona Turut Dirasakan Laznas
Foto dok. Freepik
Ketua Umum FOZ Bambang Suherman mengungkapkan dampak dari pandemi virus corona turut dirasakan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas).

Sharianews.com, Ketua Umum FOZ Bambang Suherman mengungkapkan dampak dari pandemi virus corona turut dirasakan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas).

Ada beberapa dampak yang ditumbulkan Covid-19 kepada Laznas. Seperti adanya perubahan anggaran. Kejadian Covid-19 yang panjang ini membuat semua rencana-rencana anggaran LAZNAS tidak relevan untuk dilalsanakan. Situasi yang tidak normal, menuntut LAZNAS untuk mereobservasi atau rekalkulasi kembali semua yang direncanakan. Praktis itu membuat lembaga tidak akan berjalan sesuai dengan rencana awal.

“Kemudian, berdampak ke menajemen. Sebelum kejadian Covid-19, manajemen kita bisa bersifat terbuka dan ekspansif. Tapi dalam situasui seperti ini, maka manajemen harus mengukur kemampuan konteol terhadap seluruh aspek yang dikelolanya. Dalam hal ini program-program besar, program yang sangat luas, demikian juga entitas-entitas yang tergabung dalam struktur-struktur kerja, ini pasti terdamapk” jelasnya, kepada Sharianews.com, Senin (11/5).

Perlu menjadi catatan adalah bagaimana menghitung maksimal dan minimal kebutuhan biaya operasional yang harus tersedia dan kemudian bisa mempertahankan seluruh entiitas yang hari ada.

Diharapkan Covid-19 ini tidak terlalu lama. Sehingga begitu wabah ini berakhir, semua entitas yang tadinya tidak bisa melaksanakan perannya, kemudian bisa kembali aktif. Tapi sampai itu terjadi, lembaga harus bisa menghitung kebutuhan-kebutuhan tersebut,

Persoalan selanjutnya adalah bagaimana lembaga zakat ini mampu mengajak seluruh entitasnya untuk sama-sama mengelola perubahan.

“Jadi jangan menjadi lembaga elitis yang kemudian menurunkan instrusksi-intruksi yang bersifat mandatoris. Hal itu akan melemahkan lembaga dengan sendirinya, karena secara spirit dinilai tidak mampu membangaun kebersamaan dan rasa kepemilikannya untuk membawa lembaga ke luar dari konfilik,” ujar Bambang.

Aspek selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah perencanaan-perencanaan ke depan. Maka lembaga kita itu juga harus memikirkan aspek-aspek yang bersifat fundamental untuk merencanakan pembiayaan-pembiayaan lembaga di masa yang akan datang.

Rep. Aldiansyah Nurrahman