Kamis, 17 Oktober 2019
18 Ṣafar 1441 H
Home / Keuangan / SEF Universitas Gunadarma Raih Juara 1 dan 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah SESO 2019
SESO adalah rangkaian acara dari The 15th SEASON yang merupakan agenda tahunan terbesar yang diadakan oleh KSEI SES-C Fakultas Ekonomi dan Manajemen Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB .

Sharianews.com, Jakarta ~ Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma berhasil meraih juara satu yang diwakili oleh Tim Satu dan juara dua yang diwakili oleh Tim Dua dalam ajang Sharia Economic Smart Olympiad (SESO) 2019 yang diselenggarakan oleh IPB University, Bogor, Jawa Barat.

Tim yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah Tim Satu yang beranggotakan Putri Yunela Sari (Akuntansi 2016), Taufik Ikhsan Muchlisyn  (Ekonomi Syariah 2016) dan I Putu Kemal Pratama (Manajemen 2017). Tim Dua beranggotakan Lailatul Munawaroh (Manajemen 2016), Reren Anggun Wulandari (Manajemen 2016) dan Erwin Faridah (Manajemen Pemasaran 2016) dan juara tiga diraih oleh Universitas Padjadjaran.

SESO adalah rangkaian acara dari The 15th SEASON yang merupakan agenda tahunan terbesar yang diadakan oleh KSEI SES-C Fakultas Ekonomi dan Manajemen Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa dan Olimpiade Ekonomi Islam tingkat SMA/MA dan Mahasiswa.

LKTI adalah ajang kompetisi karya tulis tingkat nasional yang sudah memasuki tahun ke-15 dan diikuti oleh 12 universitas di seluruh Indonesia dengan mengirimkan karya terbaiknya untuk bisa menjadi pemenang di event tahunan ini. Acara ini berlangsung pada 25-26 September 2019 bertempat di Kampus Darmaga, IPB University.

Di hari pertama (25/09), dimulai dengan pembukaan acara dan dilanjutkan dengan persentasi karya tulis dari 12 tim yang terpilih di antaranya Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Univerisitas Negri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Airlangga, Institute Tazkia, Universitas Islam Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Gunadarma.

Acara ini  mengusung tema "Membangun Jiwa Sociopreneur untuk mengoptimalisasi Wakaf Produktif di Indonesia" yang bertujuan untuk mengoptimalkan salah satu Filantropi Islam, yakni wakaf produktif dalam segala aspek, baik dalam perekonomian, pendidikan Islam maupun UMKM di Indonesia.

Tim Satu Universitas Gunadarma tampil pada urutan ke-12 dengan mengangkat topik mengenai anak-anak marjinal dan pendidikan Islam dengan judul paper “Rumah Wakaf (Ru Kaf): Optimalisasi Wakaf Produktif Dengan Kolaborasi Crowdfunding dan Crowdsourching Dalam Pembiayaan Pendidikan Islam Menuju Indonesia Cerdas (Pilot Project: Sekolah Master, Depok)”.

Topik tersebut membahas mengenai pengumpulan dana wakaf dengan platform kolaborasi crowdfunding dan crowdsourching untuk pembiayaan gedung ataupun operasional Sekolah Master dengan menghadirkan sistem program pembelajaran kepada anak-anak yang disebut dengan Kidz Preneur dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pendidikan Islam di Indonesia terutama pada Sekolah Master yang diharapkan anak-anak disana dapat mandiri dan mempunyai karakter yang baik ke depannya.

Sedangkan Tim Dua dari Universitas Gunadarma tampil pada urutan ke-5 dengan mengangkat topik mengenai para TKI dan Ekonomi dengan judul Paper “Bangkitkan Kemandirian Ekonomi Tki Melalui “Kampung Kabahan” dengan Metode Social Group Work Berbasis Wakaf (Pilot Project: Kabupaten Indramayu)”.

Topik tersebut membahas KABAHAN yang merupakan konsep reaktualisasi peran TKI yang bersinergi langsung dengan petani mangga sebagai supplier mangga, lalu menjadikan wakaf dan akad syariah sebagai instrumen dasar pemberdayaan TKI sociopreneur industri mangga.

Pada hari kedua (26/09), yang merupakan puncak dari acara The 15 th Season dengan pemberian hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Olimpiade Ekonomi Islam dan diakhiri dengan Seminar Internasional & BWI Wakaf Goes to Campus bertemakan "Membangun Wakaf sebagai Kekuatan Baru Ekonomi Indonesia” dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Ir Mohammad Nuh, DEA (Head of Badan Wakaf Indonesia) sebagai keynote speaker.

Seminar ini dimoderatori oleh Bapak Dr. Muhammad Iqbal Irfany, SE, MappEC (Dosen Ilmu Ekonomi Syariah IPB) dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Dr.Ibrahim F. Khojah (Technical and Vocational Training Corporation Saudi Arabia), Bapak H. Muhammad Fuad Nassa, S.Sos, M.sc (Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf  Kemenag) dan Bapak Drs. Susono Yusuf (Divisi Humas, Sosialisasi dan Literasi BWI).

Seminar ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari mahasiswa-mahasiswa dan para praktisi serta akademisi lainnya. Diharapkan dari seminar ini menambah literasi dan wawasan para peserta khususnya generasi milenial dalam memanfaatkan potensi wakaf produktif Indonesia.

Allhamdulillah semua kemenangan ini berkat dukungan, doa serta bimbingan dari keluarga dirumah dan keluarga besar Sharia Economic Forum dan juga kerjasama tim yg solid," ungkap Putri

Rasa syukur selalu tercurahkan ketika mendengar bahwa dua tim Gunadarma berhasil membawa kemenangan di ajang yang bergengsi ini.

Terharu sekaligus bersyukur, karena kami dapat membuktikan ke kancah nasional bahwa SEF Gunadarma dapat mengharumkan Nama Universitas Gunadarma,” ujar Lailatul. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: