Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Ziswaf / Sediakan Layanan Digital, Baznas Ajak Milenial Aktif Ikut Gerakan Filantropi
Direktur Pemberdayaan Baznas, Randi Suwandaru saat menjadi pembicara di acara Philantropy Fest 2019 di Epiwalk. Foto/dok.romy
Dengan berbagai layanan digital yang disediakan Baznas seperti aplikasi Cari Temu, generasi milenial dapat berbagi, membantu masyarakat yang tengah membutuhkan.

Sharianews.com, Jakarta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak milenial untuk aktif dalam gerakan filantropi, terutama dalam zakat, infak dan sedekah. Ajakan ini dilakukan dalam berbagai kegiatan yang Baznas lakukan pada Festival Filantrop Muda 2019 “Next Generousion” di Epiwalk Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan Sabtu (2/11) dan Minggu (3/11).

Dengan berbagai layanan digital yang disediakan Baznas seperti aplikasi Cari Temu, generasi milenial dapat berbagi, membantu masyarakat yang tengah membutuhkan.

Layanan ini merupakan Aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan data korban bencana baik meninggal, hilang, maupun dirawat di rumah sakit atau rumah penduduk.

Layanan ini lahir satu tahun lalu untuk membantu para keluarga korban bencana gempa bumi di Lombok, Palu dan tsunami Banten dalam mencari kerabatnya, Selain itu, layanan ini juga bisa  digunakan untuk kebutuhan darurat lain.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan, kegemaran milenial memanfaatkan layanan serba cepat dan mudah tidak selalu bermakna negatif.

Milenial bisa secara aktif membantu masyarakat yang sedang membutuhkan dengan menggunakan fasilitas teknologi yang akrab dengan gaya hidupnya.

“Aplikasi Cari Temu yang dibuat oleh Baznas ini sangat mudah digunakan untuk mencari, menemukan dan melaporkan, apabila menemukan orang yang sedang dalam pencarian,” katanya 

Dalam keterangan tertulisnya dikatakan, aplikasi Cari Temu juga dilengkapi dengan menu SOS. Selain tersedia dalam aplikasi, layanan Cari Temu juga dapat diakses dari situs caritemu.baznas.go.id.

Dalam Festival Filantrop Muda 2019, ditampilkan pula aksi para relawan muda Baznas Tanggap Bencana dalam melakukan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu dengan menggunakan metode resusitasi jantung paru-paru atau CPR (Cardiopulmonaryresuscitation).

Pengunjung semakin antusias saat diberikan kesempatan untuk mencoba gerakan-gerakan penyelamatan ini.

“Cara paling mudah bagi para milenial untuk membantu sesama ketika mereka membutuhkan ialah dengan berdonasi melalui kanal digital. Baznas bekerja sama dengan berbagai platform digital yang membuat donasi semudah berbelanja online dan memesan ojek,” katanya.

Dalam stand Baznas di area 6a Festival Filantrop Muda 2019, pengunjung dapat langsung berdonasi hanya dengan memindai QR code yang disediakan. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo