Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Ziswaf / Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban ke Masyarakat, Kemenag Minta Lembaga Zakat Laporkan Pengelolaannya
Foto dok. Pexels
Salah satu cara agar masyarakat mengetahui transparansi lembaga zakat dan meningkatkan kepercayaan adalah melalui laporan keberlanjutan.

Sharianews.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) meminta seluruh lembaga zakat untuk melaporkan pengelolaan zakat berkelanjutan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Tarmizi Tohor mengatakan salah satu cara agar masyarakat mengetahui transparansi lembaga zakat dan meningkatkan kepercayaan adalah melalui laporan keberlanjutan.

Ia menilai rendahnya penerimaan dana zakat dari potensi yang ada, salah satunya disebabkan oleh rendahnya kepercayaan muzaki terhadap lembaga pengelola zakat.

“Saat ini banyak muzaki yang bederma langsung kepada mustahik tanpa melalui lembaga zakat. Hal seperti itu harus segera disudahi,” ujarnya, Jumat (26/02).

Dalam laman resmi Bimas Islam, Tarmizi mengatakan hubungan antara transparansi lembaga zakat dan kepercayaan terhadap muzaki saling terkait. Semakin transparan lembaga zakat, maka muzaki akan semakin percaya untuk menyalurkan dana zakatnya melalui lembaga zakat.

“Kepercayaan muzaki membuatnya berkomitmen untuk terus membayar zakat pada lembaga zakat. Bahkan berkomitmen merekomendasikan kepada teman dan keluarganya,” pungkasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: