Kamis, 14 November 2019
17 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Lifestyle / Sasar Milenial, Donasi Idul Kurban Bisa Melalui Digital
FOTO I dok. Charitynews.id
Dompet Dhuafa membuka peluang donasi untuk kurban dengan menggunakan tagline #jangantakutberqurban.

Sharianews.com, JakartaPerayaan Iduladha terhitung beberapa hari lagi, penjualan hewan qurban pun sudah mulai dijajakan. Banyak umat Muslim yang ingin melakukan ibadah kurban, tetapi tidak sedikit yang merasa terkendala dalam pendanaan maupun kendala lainnya. 

Menjawab persoalan tersebut, lembaga filantropi Dompet Dhuafa membuka peluang donasi untuk kurban dengan menggunakan tagline #jangantakutberqurban. Saat ini dengan segala kemudahan fasilitas, siapapun dapat berkontribusi. Bahkan donasi dapat dimulai hanya dari Rp1 dan bisa melalui donasi digital, di mana program juga menyasar kaum milenial

Dompet Dhuafa mengaku, melalui program tersebut ingin mengajak masyarakat berkurban pada 10 Dzulhijjah mendatang. Setiap pekannya akan ada dua ekor kambing yang dapat dibeli muzaki hanya dengan Rp 1.

Melalui program tersebut, milenial tidak sekadar menjadi sasaran dari kesuksesan program melainkan juga sebagai salah satu upaya meningkatkan traffic donasi digital, mengingat kedekatan mereka dengan dunia digital.

Ketua Sentra Ternak Cianjur selaku mitra dan binaan Dompet Dhuafa, Kang Ayi menceritakan awal mula bergabungnya sebagai penerima manfaat pada 2009 lalu.

Awalnya dia diajak untuk membuat kelompok tani terlebi dalengan anggota  sekitar 100 orang. Hinggan saat ini jumlahnya mencapai 200 orang. 

“Awal bertemu Dompet Dhuafa itu 2007, di penanganan bencana longsor waktu itu ada di daerah Cianjur. Saya bertemu dengan teman-teman Dompet Dhuafa dan ngobrol. Saya dari sebelumnya mitra pemberdayaan, saat ini status saya mitra pendayagunaan,” ujar Ayi, beberapa hari lalu.

Dari kelompok tani itu, sudah menghasilkan sebuah sekolah gratis dan lembaga amal. Setelah Ayi berubah status, dibentuk juga kelompok ternak yang saat ini anggotanya sudah mencapai 35 orang yang mengelola sekitar 300 ekor kambing.

“Anggota binaan tani dan ternak ada 235 penerima manfaat. Kita namanya Al-Ikhwan. Kalau ke Cianjur langsung tanya saja kampung Al-Ikhawan, nah itu psti binaan Dompet Dhuafa,” ujar Kang Ayi.

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo