Rabu, 1 April 2020
08 Sha‘ban 1441 H
Home / Keuangan / Sasar Milenial, BPRS HIK Keluarkan Produk Tabungan Gaul iB Digital
FOTO I Dok. bprshik
Nasabah yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam layanan perbankan menjadi faktor utama agar BPRS HIK terus melakukan perubahan.

Sharianews.com, Tangerang ~ Guna meningkatkan capaian dana murah yang berasal dari produk tabungan, BPRS HIK jajaki kerja sama dengan beberapa BPRS untuk membangun jaringan dan konsolidasi. Khususnya melalui anggota Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo). Kerja sama ini perlu dilakukan guna mengurangi biaya investasi yang harus dikeluarkan perusahaan.

Penjajakan kerja sama ini sudah mencapai 90 persen. Tahun 2020 ditargetkan akan terlaksananya kerja sama tersebut. Target ini sejalan dengan strategi perusahaan yang telah ditetapkan guna menggenjot pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang berasal dari produk tabungan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Operasional HIK, Kurniawan saat ditemui Sharianews di sela-sela acara serah terima Gedung Menara HIK, Selasa (21/1).

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, BPRS HIK Lakukan Serah Terima Gedung Menara HIK

“2020 ini bagi HIK adalah masa take off. Di mana pertumbuhan bisnis bank ditargetkan sekitar 15-20 persen. Pembiayaan untuk segmen UMKM masih menjadi fokus utama BPRS HIK. Kita juga melakukan diversifikasi produk untuk segmen pendapatan tetap. Pengembangan dana murah juga terus kita tingkatkan, khususnya untuk tabungan. Karena itu, tahun ini rencananya kita akan mengeluarkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan pasar, sehingga target pertumbuhan dana murah sebesar 30 persen bisa kita capai,” beber Kurniawan.

Untuk diketahui, dana-dana murah yang berasal dari produk tabungan ini menjadi salah satu kunci pengembangan bisnis BPRS yang berdaya saing dan tumbuh berkelanjutan. Nasabah yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam layanan perbankan menjadi faktor utama agar BPRS HIK terus melakukan perubahan.

Sementara itu, guna menggaet pasar milenial, BPRS HIK akan mengeluarkan produk Tabungan Gaul iB. Tabungan Gaul iB sendiri merupakan singkatan dari Gerakan Menabung Milenial. Tabungan ini menjadi branding BPRS HIK bersama anggota Asbisindo lainnya, guna menyasar kaum muda milenial agar mau berinvestasi dan berinteraksi dengan layanan jasa BPRS.

“Kerja sama ini dipelopori oleh BPRS Bhakti Sumekar. Beberapa BPRS di Jawa Timur juga sudah menggunakan produk Tabungan Gaul. Fitur tabungan ini lebih mudah diakses karena sistem aplikasi perbankan yang digunakan sesama BPRS itu sama, sehingga ini memudahkan kita untuk melakukan kerja sama,” tambah Kurniawan.

Sementara itu, untuk meningkatkan portofolio pembiayaan, BPRS HIK juga sudah melakukan penjajakan dengan beberapa penyelenggara layanan fintek peer to peer lending (P2P). Salah satunya adalah Investree.

“Sudah, kita sudah melakukan penjajakan kerja sama dengan fintek Investree. Sudah mencapai titik terang dan final. Insyaallah semoga segera terlaksana tahun ini.” Tutup Kurniawan. (*)

Achi Hartoyo

Tags: