Selasa, 20 Agustus 2019
19 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Lifestyle / Sarapan Tape dan Kiwi Menyehatkan?
FOTO I dok. Thespruceeats.com
Tak ada lagi alasan untuk mengabaikan pola makan untuk kesehatan tubuh.

Sharianews.com, Asupan untuk tubuh memang sangat penting untuk diperhatikan. Dampaknya tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk menguatkan daya tahan tubuh. 

Karenanya, tak ada lagi alasan untuk mengabaikan pola makan untuk kesehatan tubuh. Bahkan, Rasulullah saw sudah menerapkan hidup sehat sejak dulu.

Dr Zaidul Akbar seorang pakar kesehatan, selalu menggabungkan pola makan sehat modern dengan sunah Nabi saw.

Pada postingannya tanggal 1 Agustus 2019, ia berbagi menu sarapan sehatnya yang bisa diterapkan siapa saja. Sebelumnya, ia juga membagikan tips untuk membuat jus pembersih liver dengan menggunakan campuran asam jawa, kurma, madu, garam himalaya dan air mineral.

“Semakin kita paham apa yang dimakan, maka akan semakin tubuh kita terasup dengan makanan sehat,” tulis dr Zaidul dalam media sosialnya.

Ia menggabungkan makanan tape ketan dengan buah kiwi atau bisa juga buah kurma. Menurutnya, produk fermentasi yang menggunakan ragi seperti tape ketan ini, adalah probiotik.

Artinya, produk tersebut banyak berisi biotik atau istilahnya kuman-kuman baik. Semakin banyak jumlah kuman baik dalam tubuh, akan membuat hidup semakin sehat. 

“Namun, perlu dipahami juga bahwa kuman baik tadi juga perlu dikembangbiakan agar terus beranak pinak, sehingga tubuh lebih banyak kuman baiknya daripada kuman jahatnya (mengutip istilah Dr Hiromi Shinya),” lanjutnya.

Agar biotik baik dapat berkembang terus, Dr Zaidul memberikan istilah ‘harus diberi makan’. Makanan biotik itulah yang disebut prebiotik. Dalam hal ini prebiotik bisa didapatkan dari buah kiwi atau kurma.

“Caranya bisa tambah air putih hangat pagi-pagi, ditambah garam himalaya sedikit, maka akan jadi sarapan yang menyenangkan untuk tubuh kita,” ujar penulis Jurus Sehat Rasulullah ini.

Sebagai tambahan, ia pun mewanti-wanti bagi penderita maag atau gangguan enzim lainnya agar minum air hangat dengan sedikit garam Himalaya terlebih dahulu sebelum mengonsumsi menu tadi.

“Setelah itu makan tapenya dikit-dikit, kunyah perlahan-lahan, setelah selesai makan kiwinya dikit-dikit, kunyah perlahan. Ini akan jadi metode efektif untuk memperbaiki pencernaan yang bermasalah, makan perlahan, kunyah,” tutup dia. (*)

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo