Jumat, 13 Desember 2019
16 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Lifestyle / Sapta Nirwandar: Banyak Wisatawan Mulai Datang Kembali ke Lombok
Lombok kini tengah berbenah dan melakukan berbagai perbaikan. Setelah recovery dan rehabilitasi akan makin banyak wisatawan berkunjung kembali ke Lombok.

Sharianews.com, Jakarta. Setelah gempa berkekuatan 7.0 skala richter (SR) di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018), kini kota seribu masjid ini sudah mulai dikunjungi wisatawan kembali. Hal ini diungkapkan Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), Sapta Nirwandar.  

“Mudah-mudahan Lombok tetap bisa menjadi the best wisata syariah,” ujar Sapta di Jakarta, Senin (24/9/2018).

Sebelumnya, lanjut Sapta, Lombok pernah memenangkan dua penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Setelah mendapatkan penghargaan itu, turis lokal maupun internasional yang datang ke Lombok meningkat dari tahun ke tahun.

“Berdasarkan data terakhir di 2017, Lombok mengalami kenaikan jumlah wisatawan sebesar 50 persen dari tahun sebelumnya,” paparnya.

Gempa membuat jumlah wisatawan menurun. Gempa, katanya, adalah bencana alam di luar kuasa manusia. “Hal ini turut menjadi perhatian kita semua,” imbuhnya.

Menurutnya, kini Lombok tengah berbenah. Setidaknya ada tiga hal yang mesti dilakukan agar Lombok kembali menjadi the best wisata syariah. Pertama, emergency, yaitu bagaimana pengelolaan berbagai wilayah yang terdampak bencana. Kedua, rehabilitasi. Ketiga, melakukan promosi kembali.

“Sekarang ini sedang dilakukan berbagai perbaikan. Masyarakat dunia juga memahami, hal ini di luar prediksi. Setelah recovery dan rehabilitasi pasti wisatawan akan berdatangan kembali ke Lombok,” terangnya.

Sementara Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Anwar Bashori mengatakan, Lombok awalnya memang didesain menjadi destinasi wisata global.

“Di Lombok akan ada festival besar-besaran di sana. Dipusatkan di Lombok. Kami berupaya bagaimana mendorong Lombok jadi pariwisata global,” ujar Anwar.

Hanya saja dengan kondisi Lombok saat ini, Anwar mengaku, akan mengurangi sedikit ekspektasinya. Tidak besar-besaran seperti rencana awal. “Festival itu tetap diselenggarakan, tapi tidak terlalu besar-besaran,” jelasnya.

Anwar mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong perkembangan wisata di Lombok. Apalagi Lombok berdekatan dengan Bali. “Banyak tamu yang datang ke Bali juga singgah dan berwisata ke Lombok,” tutupnya. (*) 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman. Editor: Achmad Rifki