Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Rumah Baca Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat
FOTO I Dok. Rumah Baca
Rumah Baca menayalurkan buku-buku dan fasilitas lain untuk masyarakat agar lebih produktif.

Sharianews.com, Jakarta. Dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat, komunitas Rumah Baca membuka lapak baca di taman-taman perkotaan. Lapak baca tersebut merupakan kegiatan awal ketika komunitas Rumah Baca baru berdiri 2015 lalu. Hingga tahun ini jumlah rumah baca sudah semakin banyak. Namun, jumlah buku serta fasilitas penunjang lainnya masih belum lengkap.

“Pada awalnya kegiatan ini saya lakukan bersama teman-teman pada 2015 untuk menumbuhkan minat membaca dengan membuka lapak baca di taman-taman, hingga akhirnya banyak rumah baca yang didirikan oleh masyarakat di daerah. Namun, hingga sekarang belum banyak buku bacaan yang layak dan fasilitas penunjang lainnya,” ujar Erlisa, founder Rumah Baca.

Dengan keterbatasan tersebut, akhirnya ia mulai mengambil jalan untuk menggalang dana supaya bisa memfasilitasi rumah baca yang sudah didirikan oleh masyarakat. Agar rumah baca bisa terus aktif dan terus dimanfaatkan sebagai wadah belajar bagi masyarakat dan kegiatan positif lainnya.

“Pada awal 2018 saya mencari bantuan dari teman-teman yang ingin membantu saya menggalang dana supaya bisa memberikan bantuan buku-buku dan fasilitas lainnya untuk rumah baca. Akhirnya pada Februari 2018 baru diberi nama menjadi Rumah Baca Inspirasi,” kata Erlisa menjelaskan.

Rumah Baca Inspirasi ini sebagai wadah dalam membantu masyarakat di daerah yang ingin mendirikan rumah baca dan menumbuhkan minat membaca anak-anak di sekitarnya. Hingga saat ini, sudah ada sekitar lima belas rumah baca yang pernah dibantu baik dengan buku-buku pelajaran maupun fasilitas lainnya.

Kegiatan Rumah Baca Inspirasi sendiri, selain melakukan pencarian dana guna memperbaiki fasilitas rumah baca, juga menyalurkan bantuan buku-buku untuk rumah baca yang sudah didirikan di tiap daerah serta  memiliki program Bukti Cinta.

Program Bukti Cinta, telah membuka pendaftaran bagi relawan yang ingin mengajar di rumah baca yang sudah ditentukan serta berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu pada 4-5 agustus 2018 lalu.

Dana yang terkumpul dari kegiatan tersebut, dialokasikan untuk membantu penyaluran buku-buku yang didonasikan oleh masyarakat melalui jasa ekspedisi maupun bertemu langsung dengan pengelola rumah baca di daerah.

Keberadaan rumah baca di daerah memberikan dampak positif masyarakat agar hidup lebih produktif. Pada 22-23 Desember 2018 mendatang, akan diselenggarakan program Bukti Cinta bagi relawan yang ingin mengajar adik-adik di Purbalingga. (*)

Reporter: Fathia Editor: Achi Hartoyo