Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / Ekbis / Resmi, Modern Halal Valley Sebagai Kawasan Industri Halal Pertama Indonesia
Foto dok. Modern Halal Valley
Pengakuan ini merupakan tonggak penting bagi Modern Halal Valley untuk menciptakan ekosistem halal

Sharianews.com, Jakarta, Modern Halal Valley resmi menerima sertifikat kawasan industri halal dari Kementerian Perindustrian. Dengan ini, Modern Halal Valley menjadi kawasan industri pertama yang secara resmi dinyatakan kawasan industri halal di Indonesia.

Pengakuan ini merupakan tonggak penting bagi Modern Halal Valley untuk menciptakan ekosistem halal. Modern Halal Valley memiliki luas 500 hektar, yang menerapkan nilai-nilai Islam selama perkembangannya.

Modern Halal Valley bisa dikatakan sebagai generasi baru kawasan industri modern, yang memenuhi standar halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan. Modern Halal Valley adalah klaster halal modern yang memberikan inovasi, sinergi antar industri, serta seluruh rantai pasokannya.

Melalui Halal Cluster Network, yang diluncurkan Modern Halal Valley sejak 2019, ini menghubungkan kebutuhan halal lokal, regional, dan internasional.

“Modern Halal Valley terletak di Kawasan Industri Moderncikande di Cikande, Banten. Kawasan Industri Moderncikande terhubung langusng dengan akses Gerbang Tol Cikande, pelabuhan laut Jawa, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan kawasan metropolitan Jakarta,” demikian dalam pernyataan resmi Modern Halal Valley.

Kawasan industi halal ini menyediakan makanan halal dalam dan luar negeri, serta mendukung industri ekosistem halal lainnya untuk produksi yang efisien, impor, distribusi domestik dan ekspor ke pasar internasional.

Modern Halal Valley juga merupakan rumah bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dimana industri halal memegang peranan yang sangat penting sebagai penghasil bahan halal, industri penunjang, serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional.

Moderncikande sedang membangun kavling pabrik berukuran 1.250 meter persegi dan fasilitas penyimpanan untuk UKM yang memenuhi standar halal internasional, keamanan pangan, dan keberlanjutan.

Selain itu, Modern Halal Valley memiliki 50 hektar zona logistik halal internasional, yang menyediakan ruang untuk pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai aktivitas bernilai tambah. Lokasinya yang strategis ke pelabuhan internasional Indonesia, bandara, dan Jakarta, menjadikannya lokasi yang ideal bagi penyedia layanan logistik untuk membangun pusat logistik halal.

Modern Halal Valley juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan atau lembaga keuangan syariah lainnya. Modern Halal Valley juga merupakan tempat yang tepat bagi para wirausahawan menumbuhkan ide-ide untuk berkontribusi pada industri halal global dari Indonesia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman