Sabtu, 16 Januari 2021
03 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / Resmi: Arab Saudi Membuka Kembali Penerbangan Internasionalnya
Foto dok. Shuttersock
Pembukaan juga berlaku bagi moda transportasi darat dan laut

Sharianews.com, Riyadh - Arab Saudi resmi membuka kembali penerbangan internasionalnya hari ini, Minggu (3/1). Setelah sebelumnya telah menutup rapat perbatasan selama dua pekan atas kekhawatiran varian baru Covid-19.

Pembukaan juga berlaku bagi moda transportasi darat dan laut. Meski dibuka kembali, melansir Arab News, dalam pernyataan yang disiarkan Saudi Press Agency, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menegaskan bahwa berbagai pembatasan terkait covid-19 tetap berlaku.

Salah satunya adalah meminta orang-orang yang datang dari negara tempat varian baru virus corona menyebar, seperti Inggris, Afrika Selatan dan lainnya, untuk melakukan karantina setidaknya 14 hari sebelum masuk ke Arab Saudi.

Sementara itu, warga Arab Saudi yang diizinkan masuk dari negara-negara dengan varian baru Covid-19 untuk kasus-kasus kemanusiaan dan esensial wajib tinggal di rumah mereka selama 14 hari untuk observasi.

Arab Saudi telah menggelontorkan vaksin untuk Covid-19 dimulai dengan mereka yang dianggap berisiko tinggi. Negara tersebut juga telah mengalami penurunan yang stabil dalam jumlah kasus baru dan kematian akibat Covid-19.

Pada Sabtu (2/1), Arab Saudi melaporkan 101 kasus Covid-19. Ini menjadi penambahan kasus harian terendah dalam sembilan bulan. Dengan tambahan ini, total kasus Covid-19 di Arab Saudi capai 3662.979.

Terakhir kali, Arab Saudi melihat rekor harian terendah adalah pada 29 Maret 2020 lalu. Kala itu, infeksi harian tercatat 99 kasus.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: