Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Keuangan / Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Bank Muamalat Bakukan Standar Pelayanan
Foto: Dok. Bank Muamalat.
Bank Muamalat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan membakukan standar pelayanan (Service Ritual).

Bank Muamalat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan membakukan standar pelayanan (Service Ritual).

Sharianews.com. Jakarta - Untuk memanjakan dan memberikan pelayanan prima kepada nasabah, PT Bank Muamalat Indonesia membakukan standar pelayanan yang diberi nama Service Ritual. Peluncurannya bersamaan dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional, Senin kemarin (4/9/2018).

Service Ritual merupakan upaya peningkatan kualitas layanan yang dilakukan oleh frontliner Bank Muamalat untuk memastikan kesiapan sebelum melayani nasabah. Pelayanan itu meliputi kesiapan diri antara lain mental, kompetensi penampilan, kesiapan peralatan kerja serta kesiapan lingkungan kerja yang bersih, rapi, dan nyaman.

Achmad K. Permana, Chief Executive Officer Bank Muamalat mengatakan, tujuan membakukan standar pelayanan ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan tercipta aura semangat melayani nasabah sejak sebelum dimulainya jam layanan.

“Standar pelayanan itu sudah dilakukan selama ini. Pembakuan ini sebagai bukti komitmen Bank Muamalat dalam melayani nasabah,” jelas Permana, melalui keterangannya kepada Sharianews.com.

Menurutnya, Bank Muamalat sengaja memilih untuk melakukan kick off Service Ritual ini tepat pada Hari Pelanggan Nasional. “Momentumnya kami rasa sesuai untuk pelayanan maksimal kepada nasabah,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, ritual pelayanan itu juga bertujuan untuk membangun budaya melayani sekaligus memitigasi potensi tindakan penipuan (fraud) dan kesalahan data.

Bank Muamalat merayakan Hari Pelanggan Nasional 2018 dengan melakukan service day yang mengusung tema “Pemimpin yang Melayani Pelanggan.” Direksi Bank Muamalat terjun langsung ke kantor-kantor cabang untuk melayani nasabah di Muamalat Tower, Arthaloka, Matraman, Bintaro Jaya, Kalimalang, Bumi Serpong Damai, Pancoran dan Mangga Dua. 

Sementara kantor cabang utama lainnya, termasuk kantor cabang Kuala Lumpur, Malaysia, diwakili oleh kepala wilayah, kepala cabang, dan manajer layanan operasi cabang terjun langsung menjadi frontliner.

Terkait pelayanan, aplikasi mobile banking Bank Muamalat terpilih sebagai yang terbaik untuk kategori bank syariah dalam perhelatan Indonesia Mobile Application Choice Award 2018.

“Kami mengembangkan fitur di aplikasi mobile untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah,” imbuh Permana.

Sebelumnya, pada Mei 2018 lalu, Bank Muamalat meraih peringkat I kategori Engagement Award dalam acara Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Infobank.

“Prestasi ini menjadi bukti konsistensi Bank Muamalat dalam menjaga kualitas pelayanan pada nasabah,” pungkas Permana. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman. Editor: A.Rifki.