Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / For Beginners / Rasio Investasi yang Sehat Adalah 10-30 Persen dari Penghasilan
Foto dok. Skitterphoto/Pexels
Pengaturan keuangan penting dimulai sejak muda

Sharianews.com, Jakarta - Perencanaan investasi dan pengaturan keuangan penting dimulai sejak muda agar mempunyai pegangan finansial saat dibutuhkan kedepannya.

Financial Trainer Founder dan CEO OM Financial Ligwina Hananto mengatakan investasi dapat dilakukan apabila kewajiban seperti utang, cicilan, dan uang kebutuhan rutin harian sudah dilakukan dengan baik. Rasio investasi yang sehat adalah 10-30 persen dari penghasilan perbulan.

“Investasi yang berisiko rendah diantaranya adalah produk perbankan karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) seperti tabungan dan deposito; dan produk investasi yang diterbitkan oleh negara salah satunya surat berharga,” ujarnya, dalam webinar Investasi yang Baik di Tengah Pandemi, Selasa (15/09).

Salah satu, investasi yang terdapat diperbankan adalah sukuk ritel (SR) seri SR013 yang dikeluarkan pemerintah. Terdapat 31 mitra distribusi (midis) yang akan membantu pemerintah untuk melayani pemesanan pembelian SBSN ritel secara langsung melalui sistem elektronik atau layanan daring.

Analis Senior Pengelolaan Transaksi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Ricky Gigih Prayoga mengajak investor muda terutama dari generasi milenial untuk berinvestasi melalui instrumen surat berharga negara (SBN). Salah satu produk investasi untuk investor ritel yang terbaru dikeluarkan pemerintah adalah SR013.

“SR013 merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang mudah dibeli melalui daring, aman karena diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-Undang, serta terjangkau,” kata Gigih.

SR013 mempunyai dengan tingkat imbal hasil 6,05 persen per tahun dibayar per bulan dengan pajak 15 persen dari imbalan. Dengan membeli Sukuk Ritel, menurut Ricky masyarakat turut berkontribusi terhadap pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

SR diterbitkan oleh pemerintah sebagai bentuk penyertaan terhadap aset negara. Masyarakat bisa membeli SR013 dengan modal mulai dari Rp1 juta, kelipatan Rp1 juta hingga Rp3 miliar per orang selama masa penawaran.

Masa penawaran sukuk ritel seri SR013 akan mulai ditawarkan 28 Agustus 2020 pukul 09:00 WIB dan akan berakhir pada 23 September pukul 10:00 WIB.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: