Senin, 30 Maret 2020
06 Sha‘ban 1441 H
Home / Keuangan / Ramah Muslim, Kini Ada 1.500 Masjid di Rusia
FOTO I Dok. rbth.com
“Masyaallah sampai hari ini, dahulunya komunis melarang terbukanya masjid yang hanya dibatasi 25 masjid sampai hari ini sudah ada 1.500 masjid yang sudah dibuka dan dibebaskan untuk bisa mengadakan acara-acara seperti salat berjemaah, dan kegiatan lainnya,” jelas Muniarti, dalam acara olah akal civitas akademika kampus STEI Tazkia, Monday Forum, di Bogor, Senin.

Sharianews.com, Rusia memiliki luas wilayah 14 kali lebih luas dari Indonesia. Namun, Rusia hanya memiliki jumlah penduduk 2/3 dari Indonesia atau setara dengan 140 juta penduduk. Sekitar 25 juta penduduknya beragama Islam.

Rektor Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia (STEI Tazkia) Murniati Mukhlisin mengatakan, saat ini, dengan terbukanya pemikiran para pemimpin Rusia tentang Islam, membuat kehidupan umat Muslim semakin baik. Misalnya dalam pengadaan pangan halal dan kebutuhan tempat ibadah.

“Masyaallah sampai hari ini, dahulunya komunis melarang terbukanya masjid yang hanya dibatasi 25 masjid sampai hari ini sudah ada 1.500 masjid yang sudah dibuka dan dibebaskan untuk bisa mengadakan acara-acara seperti salat berjemaah, dan kegiatan lainnya,” jelas Muniarti, dalam acara olah akal civitas akademika kampus STEI Tazkia, Monday Forum, di Bogor, Senin (16/8).

Begitu juga dengan industri halal, di Rusia setiap tahun diadakan pameran industi halal. Hal ini menjadi suatu gerakan yang luar biasa dari negara-negara non-Muslim di seluruh penjuru dunia.

Murniati mengaku baru kembali dari salah satu provinsi di Rusia, yakni Kazan. Di sana sangat terlihat pengembangan industri halal, terutama makanan halal dan fesyen halal.

Sebagai informasi, pada tanggal 24-26 April 2019 lalu, untuk pertama kalinya Indonesia turut berpartisipasi XI International Economic Summit "Russia-Islamic World: KazanSummit 2019" yang berlangsung di Kazan, Ibu Kota Republik Tatarstan, Federasi Rusia.

Keikutsertaan Indonesia bertujuan untuk memperluas pasar produk halal di Rusia. Beragam kegiatan diikuti Indonesia dalam Kazan Summit tersebut, antara lain: Russia Halal Expo, Indonesia-Russia Business Forum, Kazan Modest Fashion Show, Forum of Young Diplomats of the OIC Countries, dan lainnya. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo