Jumat, 22 Januari 2021
09 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / Ramadan, Masjid Al-Aqsa Ditutup
Foto dok.Afp
Penutupan ini dilakukan akibat dampak dari pandemi virus corona yang masih terjadi saat ini.

Sharianews.com, Yerusalem - Persebaran kasus virus corona (Covid-19) di dunia masih meningkat. Dilansir dari data Worldometers pada Minggu (19/4/2020) pagi, jumlah kasus Covid-19 secara global mencapai 2.324.731 kasus.

Jumlah tersebut dibarengi dengan angka pasien yang sembuh sebanyak 595.467 kasus. Sementara itu, jumlah korban meninggal juga bertambah menjadi total 160.434 kasus.

Sejumlah negara menerapkan berbagai kebijakan untuk mengurangi dampak wabah ini. Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan ditutup untuk jemaah Muslim selama bulan Ramadan. Penutupan ini dilakukan akibat dampak dari pandemi virus corona yang masih terjadi saat ini. 

Melansir Al Jazeera, akhri pekan lalu, penutupan Masjid Al-Aqsa diumumkan oleh Lembaga Wakaf Islam Yerusalem, dewan khusus yang ditunjuk oleh Yordania untuk mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci tersebut.

Mereka juga mengimbau umat Muslim tetap melakukan shalat di rumah mereka selama bulan Ramadan untuk menjaga keselamatan mereka. Meski demikian, panggilan azan masih akan tetap dilaksanakan lima kali sehari di Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan dan pengurus masjid masih akan diizinkan masuk.

Dewan tersebut mengatakan bahwa langkah itu telah sejalan dengan fatwa ulama dan pertimbangan medis. "Umat muslim harus melakukan salat di rumah selama bulan Ramadan, untuk menjaga keselamatan mereka", kata dewan itu.

Rep. Aldiansyah Nurrahman