Sabtu, 4 April 2020
11 Sha‘ban 1441 H
Home / Ekbis / Raih Top 50 Tokoh Berpengaruh Dunia, Ini yang Dilakukan Emir di KNEKS
FOTO I Dok. kneks
Sutan Emir Hidayat meraih penghargaan sebagai Top 50 tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah.

Sharianews, Dubai ~ Dalam penganugerahan event Islamica500 tahun 2020, Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah, Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS atau dulu KNKS) Sutan Emir Hidayat meraih penghargaan sebagai Top 50 tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah. Penganugerahan tersebut berlangsung di H DUBAI Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (18/2).

Sebagai informasi, Islamica500 sendiri merupakan media informasi independen yang diterbitkan setiap tahun. Salah satu direktori Islamica500 adalah mencatat 500 tokoh paling berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah.

Selama ini, Islamica500 telah bekerja sama dengan beberapa media internasional seperti Forbes, CNBC Arabia, Dinar Standard, Oxford Business Group, serta didukung oleh WIEF (World Islamic Economic Forum).

Nominator Islamica500 ini berasal dari berbagai negara di dunia. Indonesia sendiri berhasil menempatkan dua perwakilannya masuk ke dalam kategori Top 50 sebagai tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah.

Sebelumnya, tahun 2015 Sutan Emir Hidayat juga pernah mendapatkan penghargaan serupa sebagai salah satu perwakilan Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Top 50 sebagai tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah.

“Sejak tahun 2015 sampai sekarang, alhamdulillah saya mendapat kesempatan masuk ke dalam 500 tokoh berpengaruh dunia menurut Islamica500. Pada tahun ini, saya mendapatkan kesempatan lagi menjadi Top 50, sebelumnya penghargaan ini juga sempat saya terima pada tahun 2015,” tutur Emir.

Emir berpendapat, penilaian Islamica500 ini dilihat dari pengaruh dan perubahan signifikan terhadap kinerjanya dalam mengembangkan ekonomi syariah. Emir bersyukur bisa kembali dipercaya untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Emir mengatakan, salah satu pertimbangan yang membuat dirinya dipilih adalah mungkin banyaknya networking yang terjalin dalam pengembangan ekonomi syariah Indonesia selama dirinya di KNEKS. Baik di lingkup nasional maupun internasional.

“Mungkin aktivitas-aktivitas selama saya di KNKS yang sekarang menjadi KNEKS juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat saya masuk ke dalam Top 50. Selama di KNEKS, kita juga supply data-data terkait ekonomi syariah ke rating agency ditukar sehingga perubahan peringkat Indonesia terjadi signifikan, sebab permasalahan ekonomi syariah Indonesia ini kurang dikenal di luar itu karena keterbatasan data,” jelas Emir.

Emir sendiri cukup aktif menulis di berbagai media internasional seperti IFN, Zawya, Salaam Gateway dan jurnal-jurnal ilmiah internasional lainnya.

Emir mengatakan, dirinya senang menulis di media internasional dan sering diundang sebagai speaker dalam forum internasional. Hal tersebut membuat dirinya dikenal baik oleh publik di kancah internasional. Ia menganggap hal tersebut juga mungkin menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian Islamica500.

Dirinya berharap agar semakin banyak warga negara Indonesia (WNI) yang masuk dalam Top 50 Islamica500. Selain itu, penghargaan tersebut dapat semakin memotivasi dirinya untuk berbuat lebih baik. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh rekannya di KNEKS atas kepercayaan dan kerja samanya selama ini, sehingga Emir dapat masuk dalam Top 50 Islamica500. (*)

Achi Hartoyo