Minggu, 12 Juli 2020
22 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Ziswaf / Ragam Cara Tekan Angka Kematian Ibu Akibat Persalinan
Kematian ibu akibat persalinan merupakan masalah yang bersifat multidimensional.

Sharianews.com, Jakarta ~ Hingga tahun 2018/2019 Angka Kematian Ibu (AKI) Indonesia masih tetap tinggi di 305 per 1000 kelahiran hidup. Kematian ibu akibat persalinan merupakan masalah yang bersifat multidimensional.

Kematian ibu akibat persalinan tidak hanya disebabkan oleh faktor kesehatan sang ibu semata seperti kekurangan gizi, anemia dan hipertensi, melainkan juga turut dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti ketersediaan infrastruktur kesehatan yang memadai, serta kesadaran keluarga untuk meminta bantuan tenaga kesehatan dalam proses persalinan. 

Direktur Utama Kartika Pulomas Hospital, Wahyu Prabowo mengatakan, AKI tinggi dapat disebabkan faktor lain seperti minimnya pengetahuan dalam proses kehamilan, persalinan dan perencanaannya, belum lagi tingginya biaya persalinan yang berkualitas menjadi salah satu faktor yang harus menjadi perhatian bersama.  

"Kartika Pulomas Hospital sebagai salah satu rumah sakit berbasis wakaf yang dikelola oleh Dompet Dhuafa juga berusaha ikut menjadi solusi dari permasalahan tingginya AKI. dengan memberikan layanan prima dan terjangkau, bekerja sama dengan Halobumil, Kartika Pulomas Hospital membuka layanan Halobumil Kartika Pulomas yang dibuka untuk semua kalangan dengan layanan prima tanpa batas," paparnya, di Rumah Sakit Kartika Pulomas, Jakarta, Kamis (20/2). 

Halobumil adalah pelayanan kesehatan wanita (Women Health Care) yang memberikan berbagai layanan kesehatan pencegahan, diagnosis, perawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi wanita dan mencegah Angka Kematian lbu. Dengan layanan utama berupa pelayanan Ultrasonograti pada wanita hamil dengan berbagai bentuk yaitu USG 2 Dimensi, USG 4 Dimensi, USG Transvaginal, Konsultasi Kehamilan, Konsultasi Ginekologi, Program Kehamilan, Konsultasi Keluarga Berencana.

Sedangkan Layanan Unggulannya adalah Pelayanan USG 4 Dimensi dengan tenaga profesional, bersahabat, nyaman dan terpercaya. Pada perkembangannya saat ini Halobumil telah beroperasional di sembilan cabang di wilayah Jabotabek dan terus akan meberikan layanan prima. 

Menurutnya, hadirnya layanan Halobumil Kartika Pulomas diharapkan dapat memberikan layanan terbaik untuk ibu hamil yang membutuhkan layanan prima tanpa batas. 

Senada dengan itu, Pendiri Halobumil, Aziz Fahrudin mengatakan, dengan adanya kerja sama antara Kartika Pulomas Hospital dan Halobumil dapat mengedukasi masyarakat. 

"Diharapkan dapat memastikan layanan terpadu persalinan dari mulai perencanaan, kehamilan dan persalinan," ujar Aziz. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo