Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / Program Sejuta Rumah ala BNI Syariah dan Abipraya Properti
“Abipraya Properti berusaha mendukung program pemerintah untuk menekan angka kebutuhan atau backlog rumah rakyat. Bagi Pemerintah, memperkecil angka backlog rumah bukanlah perkara mudah. Karenanya, seluruh elemen bangsa harus bahu-membahu membantu merealisasikan pembangunan Sejuta Rumah,” papar Bambang.

Sharianews.com, Jakarta ~ BNI Syariah dan Abipraya Properti melakukan soft launching Perumahan Arya Green Tajurhalang, Bogor. Seremoni peresmian akan disiarkan secara nasional termasuk peresmian show unit, radio talkshow sekaligus akad kredit/pembiayaan dengan BNI Syariah dan BTN.

Pemimpin Divisi Bisnis Konsumer  Wilayah Jabodetabek Plus, Ali Muafa menyampaikan pada saat soft launching, Minggu (24/2), bahwa sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah siap mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui program sejuta rumah.

“Dengan produk BNI Griya iB Hasanah, kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mewujudkan impian untuk memiliki rumah idaman yang nyaman dan tentram sesuai prinsip syariah, sehingga insyaallah berkah,” tutur Ali.

BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah untuk nasabah dengan maksimum pembiayaan Rp25 miliar dengan angsuran tetap, bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, bebas biaya appraisal serta bebas denda keterlambatan.

“Selain itu, jangka waktu pembiayaan fleksibel sampai dengan 20 tahun untuk nasabah fix-income dan 15 tahun untuk nasabah nonfix-income,” jelas Ali.

BNI Griya iB Hasanah merupakan salah satu produk unggulan BNI Syariah dengan akad pembiayaan murabahah maupun Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) yang dapat digunakan untuk membeli, membangun, merenovasi rumah, termasuk ruko, rusun, rukan, apartemen dan sejenisnya, serta membeli tanah kavling serta rumah inden, yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing calon nasabah.

Untuk pembelian rumah atau apartemen, fasilitas pembiayaan diberikan dengan jangka waktu paling lama 20 tahun, sedangkan untuk pembiayaan ruko atau rukan jangka waktu maksimal 15 tahun. Sementara untuk fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pembelian tanah diberikan dengan paling lama adalah 10 tahun.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Abipraya Properti dalam memfasilitasi pembiayaan kepemilikan rumah ini, dalam rangka meningkatkan penyaluran pembiayaan griya BNI Syariah.

Per Desember 2018 portepel pembiayaan griya BNI Syariah sebesar Rp11,86 triliun meningkat sebesar 10,81 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan komposisi pembiayaan perumahan sebesar 41,92 persen dibandingkan dengan total pembiayaan BNI Syariah. Saat ini, BNI Syariah telah bekerja sama dengan lebih dari 900 developer di seluruh Indonesia.

Sementara, Direktur Utama PT Brantas Abipraya (Persero), Bambang E. Marsono, mengungkapkan, Abipraya Properti merupakan salah satu diversifikasi usaha dari PT Brantas Abipraya (Persero).

Seiring dengan perkembangan perusahaan Abipraya Properti sebagai unit usaha dibidang properti, perusahaan mengembangkan beberapa produk properti unggulan dalam rangka mendukung Program Pemerintah memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat.

“Abipraya Properti berusaha mendukung program pemerintah untuk menekan angka kebutuhan atau backlog rumah rakyat. Bagi Pemerintah, memperkecil angka backlog rumah bukanlah perkara mudah. Karenanya, seluruh elemen bangsa harus bahu-membahu membantu merealisasikan pembangunan Sejuta Rumah,” papar Bambang.

Salah satu usaha yang Abipraya Properti lakukan adalah mengembangkan hampir 1000 unit rumah untuk Kalangan Menengah Bawah di Arya Green Tajurhalang.

Prasetyadhie menyatakan Abipraya Properti melalui Arya Green Tajurhalang selalu berupaya menjawab antusiasme dan kebutuhan masyarakat terhadap perumahan khususnya dengan meluncurkan produk-produk properti terbaru, yang memiliki desain modern dan bangunan yang berkualitas serta memiliki nilai investasi yang tinggi.

“Perumahan ini juga bisa diakses via KRL Commuter Line melalui Stasiun Bojong Gede. Melihat lokasi yang strategis, Abipraya Properti optimis Arya Green Tajurhalang memiliki peluang yang sangat tepat untuk berinvestasi dan menjadi rumah tinggal pertama bagi usia milenial,” pungkas Prasetyadhie. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo