Minggu, 5 Juli 2020
15 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Program Manajemen Masjid, Cara BNI Syariah untuk Benahi Masjid
FOTO I Dok. bnisyariah
Jumlah peserta Pelatihan Manajemen Masjid “Masjidku Hasanahku” selama tahun 2018 yang berpartisipasi sebanyak 1.256 masjid dan 2.284 orang dari target awal 1.000 masjid.

Sharianews.com, Jakarta ~ BNI Syariah mendukung pemberdayaan ekonomi umat melalui masjid sehingga dapat meningkatkan perkembangan ekosistem halal dengan program Pelatihan Manajemen Masjid “Masjidku Hasanahku”.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menyampaikan, pada tahun 2019 Program Pelatihan Manajemen Masjid akan dilaksanakan di 20 kota selama bulan Maret sampai dengan Desember 2019.

Kota tersebut di antaranya: Lhoksumawe, Palembang, Jambi, Lampung, Batam, Pekanbaru, Bogor, Purwokerto, Cirebon, Tasikmalaya, Pekalongan, Kudus, Kendari, Malang, Jember, Bali, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin dan Lombok.

Program ini dilakukan untuk meningkatkan empat manajemen di masjid yaitu keuangan, organisasi, menyusunan program dan pengembangan usaha. Selain itu, melalui program ini BNI Syariah membantu masjid mempunyai legalitas dokumen sebagai persyaratan pembukaan rekening di BNI Syariah.

“Tujuan program Pelatihan Manajemen Masjid “Masjidku Hasanahku” adalah meningkatkan peranan masjid sebagai pusat aktifitas keumatan, baik untuk kegiatan pendidikan, pembinaan, pembentukan karakter, dan aspek lainnya,” jelas Firman, dalam keterangan tertulis resminya.

Program ini merupakan kelanjutan dari program yang sama di tahun 2018 dan sudah terlaksana di 10 kota yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Jumlah peserta Pelatihan Manajemen Masjid “Masjidku Hasanahku” selama tahun 2018 yang berpartisipasi sebanyak 1.256 masjid dan 2.284 orang dari target awal 1.000 masjid.

Pada pelaksanaan program ini di tahun 2018, BNI Syariah berhasil meningkatkan pertumbuhan jumlah dan volume rekening masjid di seluruh wilayah lokasi pelaksanaan program.

Hal ini menopang portofolio Dana Pihak Ketiga BNI Syariah secara keseluruhan di tahun 2018 mencapai Rp35,50 triliun, tumbuh sebesar 20,82 persen dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari 3 juta.

Melihat hasil positif dari pelaksanaan program Pelatihan Manajemen Masjid di tahun 2018 dan besarnya antusias dari para peserta, maka BNI Syariah melanjutkan kembali program ini pada tahun 2019.

Perbedaan dengan tahun sebelumnya, program Pelatihan Manajemen Masjid 2019 dibagi menjadi dua program, yaitu Program Basic Pelatihan Manajemen Masjid dan Program Advance Pelatihan Manajemen Masjid yang terdiri dari Program Goes to Jogokariyan dan Masjid Binaan BNI Syariah: Piloting Project “Masjidku Hasanahku”. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo