Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Ekbis / Potensi Wisata Halal Medis di Indonesia Sangat Besar
FOTO I Dok. muslimmentalhealth.com
“Contoh yang berhasil itu Bumrungrad Hospital di Thailand, telah terakreditasi internasional oleh JCI. Baik konvensional maupun syariahnya, jadi banyak Muslim yang ke sana,” ungkap chairman hotel Sofyan.

Sharianews.com, Jakarta ~ Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Riyanto Sofyan, mengakui bahwa potensi wisata halal medis di Indonesia sangat besar.

"Indonesia kaya akan tiga hal: wisata halal, wisata alam, dan wisata budaya. Meski, wisata halal medis perlu upaya lebih keras untuk mewujudkannya," ujarnya seperti dilansir dalam laman Mukisi, Kamis (21/2).

Meskipun perlu upaya lebih keras, Sofyan mengatakan, dirinya menatap optimistis dan sepakat Indonesia akan menuju ke sana.

“Tentu kita akan menggarap itu juga, tapi perlu kolaborasi dan integrasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan,” ungkap Sofyan.

Di sisi lain, Riyanto juga mencontohkan jaringan wisata medis di Thailand, Singapura, dan Malaysia yang lebih dulu terbentuk.

Semua Rumah Sakit yang menjadi tujuan medis tersebut tersertifikasi secara internasional melalui akreditasi Joint Commission International (JCI).

Riyanto juga menyarankan Indonesia perlu mengarah ke sana. Karena, target yang ingin dicapai adalah turis mancanegara, jadi standarnya juga harus internasional.

“Contoh yang berhasil itu Bumrungrad Hospital di Thailand, telah terakreditasi internasional oleh JCI. Baik konvensional maupun syariahnya, jadi banyak Muslim yang ke sana,” lanjut chairman hotel Sofyan tersebut.

Melihat kekayaan potensi yang ada di Indonesia, bukan tidak mungkin, Indonesia akan menjadi tujuan wisata halal medis. Berdampingan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia yang sudah duluan memiliki wisata halal medis.

Perlu kerja sama dari berbagai pihak untuk mewujudkan ini, dengan begitu Indonesia bisa menjadi tujuan wisata halal medis dunia. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo