Jumat, 22 Januari 2021
09 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / Portal Canggih Dipasang di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
Pemerintah Arab Saudi memasang portal sterilisasi diri di pintu masuk dua masjid suci, Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah awal bulan ini demi membendung potensi Virus Corona (Covid-19).

Sharianews.com, Pemerintah Arab Saudi memasang portal sterilisasi diri di pintu masuk dua masjid suci, Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah awal bulan ini demi membendung potensi Virus Corona (Covid-19).

Presidensi Umum untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meresmikan portal canggih, yang mensterilkan orang dengan semprotan antiseptik itu. Langkah pemasangan protal itu merupakan bagian dari inisiatif “Bersama-sama Menjaga” yang dilakukan pemerintah sejak pandemi menghantam kerajaan itu.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Saudi, Jumat (8/5) dikutip dari Middle East Eye, portal yang dilengkapi dengan semprotan antiseptik, kemudian terdiri dari kamera thermal untuk mendeteksi suhu dari jarak 6 meter dan layar pintar untuk membaca suhu pengunjung secara bersamaan.

Semua pekerja di kedua masjid akan diminta untuk melewati gerbang sebelum memasuki kompleks dan sistem itu sendiri akan disterilkan secara berkala, menurut keterangan tersebut.

Kerajaan telah menutup kedua masjid untuk para jemaah dan hanya membukanya bagi para ulama dan pekerja selama Ramadan guna memastikan doa terus dikumandangan di masjid-masjid besar Arab Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi telah melongggarakan kebijakan lockdown secara perlahan sejak akhir April 2020. Ditandai dengan pembukaan kembali toko ritel dan pusat perbelanjaan bagi publik.

Kendati demikian, protokol kesehatan lengkap masih gencar diberlakukan, salah satunya di pintu masuk mall dan aturan pembatasan sosial.

Rep. Aldiansyah Nurrahman