Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Lifestyle / PNJ Gelar Kuliah Umum Potret dan Prospek Industri Halal di Indonesia dan Malaysia
Prof Irwandi Jaswir saat memberikan materi halal science di kampus PNJ. Foto/dok.romy
Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, kedatangan tamu istimewa dari mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Utara Malaysia (UUM).

Sharianews.com, Depok ~ Prodi D4 Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), menggelar kuliah umum dengan topik Potret dan Prospek Industri Halal di Indonesia dan malaysia. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Gedung Direktorat, Jumat (1/11).

"Kepada mahasiswa/i, tolong dicatat dengan baik karena menuntut ilmu itu harus dengan catatan, bawa kertas atau HP-nya sebagai bekal ilmu dari para narasumber yang hebat ini," ujar Abdillah, Direktur PNJ saat membuka kuliah umum tersebut.

Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, kedatangan tamu istimewa dari mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Utara Malaysia (UUM).

Pemateri pertama Prof. Dr. Irwandi Jaswir, M.Si. dari International Islamic University of Malaysia (IIUM) menjelaskan tiga isu terkait kehalalan suatu produk.

"Pertama, bahan mentah (raw material), kedua prosesnya, dan ketiga cara menganalisis dan mengetahui halal atau tidaknya sebuah produk," tuturnya.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Zairy Zainol, wakil dekan Pusat Studi Bisnis Islam dari Universitas Utara Malaysia (UUM), yang menjelaskan mengenai industri halal di negara Malaysia.

Acara berlangsung lancar dengan dipandu moderator dalam tiga bahasa: Indonesia, Arab, dan Inggris.

Moderator juga mampu membawa suasana berlangsung seru, dengan penyampaian materi secara interaktif, lengkap, dan runut. Tak jarang, peserta memberikan pertanyaan yang langsung dijawab oleh pemateri dengan lengkap.

Acara ini diakhiri oleh pertukaran budaya dari kedua negara. Indonesia diwakili oleh PNJ dan budaya Malaysia diwakili UUM. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan edukasi kepada mahasiswa sebagai generasi milenial terkait industri halal.

Output dari acara ini diharapkan mampu meningkatkan literasi dan penelitian tentang industri halal di kedua negara. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo